alexametrics

Resmikan Bendungan Gongseng dan Tugu, Jokowi: Siap Dimanfaatkan untuk Ketahanan Pangan

Chandra Iswinarno | Ummi Hadyah Saleh
Resmikan Bendungan Gongseng dan Tugu, Jokowi: Siap Dimanfaatkan untuk Ketahanan Pangan
Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Gongseng di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Tugu pada Selasa (30/11/2021). [Foto Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden]

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Gongseng dan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Jatim) pada Selasa (30/11/2021).

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Gongseng dan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Jatim) pada Selasa (30/11/2021).

Jokowi bersyukur dua bendungan besar tersebut telah rampung dan siap untuk dimanfaatkan untuk ketahanan pangan.

"Alhamdulillah kita mendapatkan tambahan dua bendungan besar lagi di Provinsi Jawa Timur yakni, Bendungan Gongseng di Bojonegoro dan juga Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek. Keduanya telah siap untuk dimanfaatkan dalam rangka ketahanan pangan kita," ujar Jokowi dalam peresmian dari video yang diunggah di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (30/11/2021).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut Bendungan Tugu dibangun menghabiskan biaya Rp 1,69 triliun. 

Baca Juga: Hari Ini Presiden Jokowi Dijadwalkan Tanam Padi ke Trenggalek

Adapun kapasitas tampung dari Bendungan Tugu yakni, 12 juta meter kubik yang memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektare.

Sementara, Bendungan Gongseng memiliki daya tampung 22 juta meter kubik dan bisa mengairi 6.200 hektare.

Ia pun mengharapkan dengan kehadiran Bendungan Tugu dan Gongseng dapat meningkatkan aktivitas pertanian dan meningkatkan pendapatan para petani. 

"Kami harapkan dengan tambahan dua Bendungan ini  aktivitas pertanian masyarakat akan semakin meningkat, petani semakin produktif, lebih sering bisa menanam dan panen, sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat," katanya

Dalam peresmian Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin.

Baca Juga: Terbang Ke Jawa Timur, Jokowi Akan Resmikan Dua Bendungan Dan Tanam Padi

Komentar