alexametrics

Tata Cara Sholat Hajat, Lengkap dengan Doa Setelah Mendirikannya

Rifan Aditya
Tata Cara Sholat Hajat, Lengkap dengan Doa Setelah Mendirikannya
Tata Cara Sholat Hajat, Lengkap dengan Doa setelah Mendirikannya - Ilustrasi sholat, muslim, salat, orang islam solat pakai masker (elemen envato)

Apa doa setelah sholat hajat yang perlu dibacakan? Kapan waktu sholat hajat yang terbaik? Simak ulasan lengkapnya tentang tata cara sholat hajat berikut.

Suara.com - Setiap manusia yang pasti memiliki keinginan atau hajat yang ingin dicapai. Di dalam agama Islam terdapat sholat hajat yang dianjurkan untuk dilakukan ketika anda memiliki keinginan atau hajat. Bagaimana tata cara sholat hajat?

Lalu apa doa setelah sholat hajat yang perlu dibacakan? Kapan waktu sholat hajat yang terbaik? Simak ulasan lengkapnya tentang tata cara sholat hajat di bawah!

Tata Cara Sholat Hajat

Sama halnya dengan sholat-sholat lain pada umumnya, sholat hajat-pun memiliki tata cara yang harus ditegakkan demi kesempurnaan sholat. Berikut adalah tata cara sholat hajat yang pelru anda ketahui:

Baca Juga: Tata Cara dan Niat Sholat Hajat Lengkap dengan Doanya

1.       Membaca Niat Sholat Hajat

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap aktivitas dan ibadah yang kita jalankan semua harus berniatkan karena Allah Ta’ala, berikut adalah niat sholat hajat yang dapat anda bacakan di dalam hati:

Bacaan latin niat sholat hajat: usholli sunnatal haajati rak'ataini lillaahi ta'ala

Artinya: Aku niat sholat hajat dua rakaat karena Allah Taala

2.       Membaca Doa Iftitah dan Surat Pendek

Baca Juga: Niat Sholat Hajat Lengkap dengan Tata Cara dan Doa-Doanya

Hal ini dijelaskan melalui hadits yang diriwayatkan oleh Wahib bin Al – Ward yang bebunyi “doa yang dikabulkan adalah doa dari seorang hamba yang sholat 12 rakaat dengan membaca ayat Kursi dan surat Al-Ikhlas di tiap rakaatnya”. (Abdullah bin Ahmad bin Qudamah Al-Maqdisi Abu Muhammad. 1450 H. Al Mughni fi Fiqhi Al-Imam Ahmad ibn Hanbal Asy-Syaibani. Beitut: Darul Fiqr).

Komentar