alexametrics

Bacaan Doa Tahiyat Awal dan Tata Cara Melakukannya

Rifan Aditya
Bacaan Doa Tahiyat Awal dan Tata Cara Melakukannya
Bacaan Doa Tahiyat Awal dan Tata Cara Melakukannya - Ilustrasi sholat, salat, shalat, tahiyat (envato)

Berikut adalah ulasan tentang bacaan doa tahiyat awal beserta tata cara melakukannya, mari simak!

Suara.com - Dalam mendirikan ibadah Sholat teradapat rukun sholat yang mengatur masing-masing gerakannya, termasuk bacaan dan urutan gerakan-gerakannya. Salah satu gerakan sholat adalah tahiyat. Bagaimana bacaan doa tahiyat awal?

Secara mudahnya tahiyat adalah sebuah gerakan yang terdapat di dalam gerakan sholat dengan posisi duduk dan menyilangkan kaki. Seperti yang kita ketahui bahwa tahiyat akhir dan tahiyat awal memiliki perbedaan bacaannya.

Bagaiamana pula tata cara tahiyat awal yang sesuai anjuran? Berikut adalah ulasan tentang bacaan doa tahiyat awal beserta tata cara melakukannya, mari simak!

Bacaan Doa Tahiyat Awal

Baca Juga: Bacaan Ruku Sholat Fardhu Beserta Tata Cara, Doa dan Artinya

Menyadur dalam berbagai sumber, berikut adalah bacaan doa tahiyat awal yang Sesuai dengan anjuran:

Attahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaatu lillaah. Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rohmatulloohi wa barokaatuh. Assalaaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiin, Asyhaduallaa Ilaaha Illallaah, Wa asyhadu anna Muhammadar rosuulullooh

Artinya:

Segala penghormatan, keberkahan, shalawat dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai Nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkahNya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang shalih.

Aku bersaksi bahwa tiada ilah kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Segala penghormatan, shalawat dan kebaikan-kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai Nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkahNya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang shalih.

Baca Juga: Tata Cara Sholat yang benar dan Bacaan Sholat dari Allahuakbar Hingga Tahiyat Akhir

Tata Cara Tahiyat Awal

Setelah mengerti doa tahiyat awal, berikut adalah penjelasan tentang tata cara melakukan gerakan tahiyat akhir.

Mengutip dalam buku Adab dan Doa Sehari-hari untuk Muslim Sejati karya Thoriq Aziz Jayana pada 2018, gerakan tahiyat atau yang juga disebut dengan tasyahud awal hanya dilakukan pada solat-solat tertentu seperti Dzuhur, Ashar, Magrib, dan Isya. Hal ini dikarenakan gerakan ini dilakukan pada rakaat kedua saja.

Berikut adalah tata cara melakukan tahiyat awal sesuai dengan yang diajarkan:

  • Duduk dengan telapak kaki kanan ditegakkan.
  • Telapak kaki kiri miring ke kanan dan diduduki oleh bokong.

Adapun hadits yang menguatkan tentang gerakan tahiyat awal sesuai dengan yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari adalah sebagai berikut:

"Rasul bila duduk pada rakaat kedua beliau duduk di atas kakinya yang kiri dan menegakkan kaki kanan, bila duduk pada rakaat terakhir beliau majukan kakinya yang kiri dan menegakkan kaki yang kanan, dan beliau duduk di atas pinggulnya."

Demikian adalah ulasan tentang doa tahiyat awal beserta tata cara melakukannya semooga dapat memberikan wawasan pengetahuan agama baru untuk anda sekalian.

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

Komentar