alexametrics

Sifat-sifat yang Dimiliki Oleh Utsman Bin Affan

Rifan Aditya
Sifat-sifat yang Dimiliki Oleh Utsman Bin Affan
Sifat-sifat yang Dimiliki Oleh Utsman Bin Affan

Apa saja sifat-sifat yang dimiliki oleh Utsman bin Affan?

Suara.com - Selain prestasi dan kepemimpinannya, sahabat Rasulullah SAW yang satu ini juga patut dicontoh sifat-sifatnya. Dia adalah Utsman bin Affan. Apa saja sifat-sifat yang dimiliki oleh Utsman bin Affan?

Berikut ini sifat-sifat yang dimiliki oleh Utsman bin Affan. Sebelumnya perlu kalian ketahui, bahwa Utsman bin Affan merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW sekaligus khalifah ketiga selepas wafatnya Rasulullah SAW. Utsman menjadi khalifah terlama dalam memimpin peradaban Islam. 

Diketahui, Utsman bin Affan ini lahir tahun 574 M. Utsman bin Affan putera dari kelurga terpandang di Mekah yaitu Affan bin Abi Al-As dari (bani ummayah) dan  Arwa bin Kurayz (bani Abdshams).

Awal mula Utsman bin Affan memeluk agama Islam karena diajak Abu Bakar. Salah satu kontribusinya selama menjabat sebagai khalifah yaitu mushaf Alquran yang hingga kini kita gunakan untuk membaca Alquran.

Baca Juga: Upaya Sahabat Nabi Muhammad, Mengisi Hari Terakhir Ramadhan

Pada masa kepemimpinan Utsman bin Affan, ayat-ayat Alquran dikumpulkan, lalu menyalin, hingga membukukannya lebih mudah dibaca dan dipelajari. Utsman bin Affan menjabat sebagai khalifah ketiga dari tahun 644 hingga 656.

Usman bin Affan mendapat julukan Zannurain yang artinya 'pemiliki dua cahaya'. Julukan tersebut diberikan karena kedua putri Rasulullah SAW yakni Ummh Kulsum dan Ruqayah telah dipersunting oleh Utsman bin Affan.

Berikut Sifat-sifat Utsman bin Affan

Nah, berikut ini sifat-sifat yang dimiliki Utsman bin Affan yang patut diteladani umat muslim. Simak baik-baik!

1. Sifat lemah lembut

Baca Juga: Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Dijamin Masuk Surga

Utsman bin Affan dikenal memiliki sifat lemah lembut serta pemalu yang membuatnya disegani oleh Rasulullah SAW dan para malaikat

2. Suka Menolong

Utsman bin Affan juga memiliki sifat dimana beliau selalu tidak enak jika tidak menolong kaumnya yang tengah dalam kesusahan. Beliau tak pernah sungkan untuk mengeluarkan hartanya demi membantu kaumnya yang membutuhkan pertolongan.

3. Tidak pernah hitung-hitungan

Sifat Utsman bin Affan lainnya yang begitu terpuji yakni beliau tak pernah hitung-hitungan dalam mengeluarkan hartanya untuk membantu sesama. Dengan kekayaan Utsman bin Affan yang begitu melimpah, beliau dengan ikhlas memberikan dukungan harta untuk memerjuangkan agama Islam

4. Sabar dan Tawakal

Sifat Utsman bin Affan berikutnya yang patut diteladani yaitu beliau dikenal sebagai pribadi yang penyabar dan tawakal dalam menghadapi cobaan dan ujian yang menghampirinya.

Demikian informasi mengenai sifat-sifat yang dimiliki oleh Utsman bin Affan yang patut diteladani umat muslim. 

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar