alexametrics

Akses Menuju Patung Kuda Ditutup, Peserta Reuni 212 Bingung Mau Ke Mana

Bangun Santoso | Yosea Arga Pramudita
Akses Menuju Patung Kuda Ditutup, Peserta Reuni 212 Bingung Mau Ke Mana
Massa Reuni 212 melakukan pawai (long march) di Tugu Tani, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Zaki mengakui, dirinya hanya mendapatkan informasi ihwal adanya acara Reuni 212

Suara.com - Massa yang hendak mengikuti acara Reuni 212 dengan tajuk aksi super damai telah berkumpul di sejumlah titik di Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021). Salah satu titik yang menjadi lokasi berkumpulnya massa berada di Jalan Haji Agus Salim, Jakarta Pusat.

Massa yang berada di sana tidak bisa begerak menuju kawasan Patung Kuda. Sebagaimana diketahui, massa Reuni 212 berencana berkumpul di sana untuk menggelar acara tahunan tersebut.

Itu lantaran petugas gabungan TNI, Polri, Dishub hingga Satpol PP telah menutup sejumlah ruas jalan yang mengarah ke Patung Kuda menggunakan kawat berduri.

Zaki, salah satu peserta acara Reuni 212 mengatakan, dirinya tidak tahu harus menuju ke titik mana seusai mendapati kenyataan bahwa jalan menuju Patung Kuda ditutup. Pasalnya, dia selaku peserta mengaku tidak ada koordinasi dengan pihak panitia penyelenggara.

Baca Juga: Gagal Orasi di Patung Kuda, Massa Aksi 212 Menyemut di Simpang MH Thamrin

"Kami tidak tahu karena tidak ada koordinasi seperti sebelumnya, lalu kami diadang oleh polisi," ucap Zaki.

"Tidak ada, saya tidak ada hubungan, karena ini aksi spontanitas saja. Karena kami tidak koordinasi dengan mereka dan tidak ketemu," sambungnya.

Zaki mengakui, dirinya hanya mendapatkan informasi ihwal adanya acara Reuni 212. Dari informasi itu, dia secara spontan bergegas menuju titik kumpul.

"Saya juga tidak tahu, ini kan spontan," ucap dia.

Jalan Ditutup

Baca Juga: Reuni 212, Massa Lantunkan Salawat di Balik Barikade Polisi

Pantauan Suara.com sejak pagi, akses yang mengarah ke Jalan Merdeka Selatan, tepatnya menuju kawasan Patung Kuda telah ditutup menggunakan kawat berduri. Sebagaimana diketahui, massa PA 212 berencana berkumpul di lokasi tersebut.

Komentar