alexametrics

Doa Duduk Diantara Dua Sujud Lengkap Latin dan Artinya

Chyntia Sami Bhayangkara
Doa Duduk Diantara Dua Sujud Lengkap Latin dan Artinya
Ilustrasi salat. (Pixabay)

Berikut doa duduk diantara dua sujud lengkap latin beserta artinya.

Suara.com - Doa duduk diantara dua sujud merupakan salah satu gerakan wajib dalam salat, baik sholat fardhu maupun sunnah. Simak doa duduk diantara dua sujud latin lengkap dengan artinya berikut.

Duduk diantara dua sujud adalah duduk pertama setelah melaksanakan sujud pertama yang kemudian dilanjutkan dengan sujud yang kedua. Saat melakukan gerakan tersebut, ada doa duduk diantara dua sujud yang harus dibaca.

Dilansir dari NU Online, duduk diantara dua sujud merupakan rukun salat yang wajib dilakukan oleh orang yang sedang melakukan salat. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadist Rasulullah SAW yang artinya: "Lama Nabi rukuk, sujud, bangun dari rukuk dan duduk di antara dua sujud hampir sama." (HR Bukhari)

Duduk diantara dua sujud ini telah disebutkan dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abdullah bin Buhaihah Al-Asadi, dia berkata: "Sesungguhnya Rasulullah SAW berdiri dalam salat Dzuhur padahal beliau belum duduk (tasyahud awal). Kemudian setelah beliau menyempurnakan salatnya, beliau sujud dua kali. Ketika itu beliau bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau lakukan sujud ini sebelum beliau melakukan salam."

Baca Juga: Kumpulan Bacaan Doa Dapat Rezeki Tak Terduga

Cara Melakukan Duduk Diantara Dua Sujud

Cara melakukan gerakan salat ini adalah dengan membentangkan punggung kaki di lantai dan mendudukinya dan kaki kanan ditegakkan dan jarinya menghadap kiblat.

"Apabila kamu sujud, sujudlah dengan meletakkan seluruh anggota sujud. Dan jika kamu bangkit dari duduk, maka duduklah dengan bertumpu pada kaki kirimu." (HR Abu Dawud).

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud

Ketika dalam posisi duduk diantara dua sujud, dapat membaca doa seperti berikut:

Baca Juga: Manfaat Bacaan Doa Tahajud Lengkap dengan Dzikir

"Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa ‘aafinii wa’fu ‘annii."

Komentar