alexametrics

Apa Arti Syahadat Lengkap dengan Penjelasan dan Keutamaannya

Rifan Aditya
Apa Arti Syahadat Lengkap dengan Penjelasan dan Keutamaannya
Apa Arti Syahadat Lengkap dengan Penjelasan dan Keutamaannya - Ilustrasi berdoa (pixbay)

Berikut ulasan tentang apa arti syahadat lengkap dengan penjelasan dan keutamaanya, mari simak!

Suara.com - Syahadat adalah sebuah kalimat yang diucapkan dengan sebagai bentuk persaksian seseorang sebagai bentuk pengakuan dan kesaksian bahwa telah memeluk agama Islam. Tapi tahukah kalian apa arti syahadat?

Perlu diketahui, kalimat syahadat juga termasuk dalam rukun Islam pertama. Sebab, setiap pemeluk agama Islam diwajibkan untuk menjalankan kelima rukun Islam. Makanya memahami apa arti syahadat itu sangat penting bagi seorang muslim.

Faktanya, selain diucapkan saat kita pertama kali memeluk agama ini, dua kalimat syahadat juga menjadi kalimat kunci bagi seseorang untuk masuk ke dalam alam surga. Jika kalimat ini menjadi kalimat ucapan terakhir dalam hidup duniawi, maka akan diberikan jaminan surga.

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang apa arti syahadat lengkap dengan penjelasan dan keutamaanya, mari simak!

Baca Juga: Minta Maaf akibat Hina Habib Rizieq, McDanny Sambil Ucap Syahadat

Bacaan Syahadat

Berikut adalah bacaan latin syahadat beserta artinya:

Asyhadu a la-ilaha – illallah. Wa asyhadu anna muhammadar rosulullah

Artinya: Aku bersaksi Bahwa Tidak ada Tuhan yang hak wajib disembah Kecuali Allah. Dan Aku Bersaksi Bahwa Nabi Muahmmad itu adalah Utusan Allah.

Menyadur dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Teknologi Pendidikan UIN Sumatera Utara, syahadat adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Arab, yakni syahida yang bersaksi. Secara harfiah, arti syahadat adalah memberikan kesaksian dan memberikan pengakuan.

Baca Juga: Kerap Mimpi soal Baca Syahadat, Wanita di Pekanbaru Ini Mantap Masuk Islam

Setelah mengikrarkan dua kalimat syahadat dan mengetahui makna yang terkandung di dalam keduanya dan segala konsekuensinya, manusia latas dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui bahwa syahadat terdiri dari dua kalimat yang keduanya memiliki arti yang saling berkaitan. Berikut adalah kalimat Syahadatain:

  1. Ayshadu An-la ilaha illallah yang artinya saya bersaksi tiada tuhan selain Allah,
  2. Wa Ayshadu Anna Muhammada Rasulullah yang artinya dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. (Hamid Ahmad At-Thahir, 2010).

Penjelasan Apa Arti Syahadat

Sebagai seorang Muslim tentunya kita sudah sering mendengar lantunan kalimat syahadat. Kalimat yang diucapkan setidaknya sekali selama seumur hidup ini dapat diartikan sebagai bentuk kepasrahan seseorang kepada Allah. Selain itu, kalimat syahadat ini juga menjelaskan bahwa ia percaya dan bersedia untuk menjalankan apa yang diperintahkan oleh agama dan menjauhi apa yang dilarang oleh agama.

Kalimat kedua dapat diartikan sebagai bentuk kesediaan diri untuk mengikuti sunnah Nabi, ittiba’, tidak taklid atau ikut-ikutan dalam mengerjakan suatu amalan ibadah, terlebih lagi menjauhi segala perbuatan bid’ah apapun bentuknya sebagai bentuk utama dari penerapan sekaligus konsekuensi terhadap kalimat syahadat.

Makna kata Muhammad Rasulullah menuntut kesediaan menjadikan Rasullullah sebagai teladan, sehingga bernilai disisi Allah. Kalimat ini menjadikan seorang muslim memiliki rasa cinta, ridho dengan segala yang dicontohkan dari segi amal, perkataan dan semua tingkah laku beliau. (Ummu Yasmin, 2004:48).

Keutamaan Membaca Kalimat Syahadat

Mengutip dalam berbagai sumber, terdapat beberapa keutamaan yang terkandung dalam dua kalimat syahadat. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1.       Jaminan Masuk Surga

Rasulullah SAW pernah bersabda: "Barang siapa yang akhir perkataannya sebelum menginggal dunia adalah laa ilaaha illallah, maka dia akan masuk surga." (HR. Abu daud).

2.       Penumbuh Sifat Tawakkal

Tawakkal dapat diartikan sebagai kepercayaan hati terhadap Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Seseorang yang tawakal atau berserah diri kepada Allah SWT.

Maka jiwanya akan selalu tenang dan tidak bingung jika menemukan berbagai macam masalah yang di hadapi, karena kita sudah menyerahkan semuanya kepada Allah SWT.

Seseorang yang berdzikir setiap hari mengucap kalimat syahadat maka akan tumbuh sifat tawakal di dalam dirinya.

3.       Dizikir Paling Utama

Perlu anda ketahui bahwa dua kalimat syahadat merupakan bacaan dzikir yang paling utama di mata Allah SWT.

4.       Kebaikan

Terdapat sebuah kisah inspiratif bahwa ada seorang bernama Abu Dzar yang bertanya pada Rasulullah: "Katakanlah padaku wahai Rasulullah, ajari aku amalan yang dapat menjauhkanku dari neraka."

Kemudian Nabi Muhammad bersabda, "Apabila engkau melakukan kejelekan (dosa), maka lakukanlah kebaikan karena dengan melakukan kebaikan itu engkau akan mendapat sepuluh yang semisal."

Lalu Abu dzar berkata, "Wahai Rasulullah apakah kalimat laa ilaaha illallah merupakan kebaikan? Rasulullah bersabda "Kalimat itu merupakan kebaikan yang paling utama. Kalimat itu dapat menghapuskan berbagai dosa dan kesalahan."

Demikian adalah ulasan tentang apa arti syahadat lengkap dengan penjelasan dan keutamaannya, semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan agama baru untuk anda.

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

Komentar