alexametrics

Jokowi Akan Kunjungi Lokasi Pengungsian Korban Erupsi Semeru Besok

Erick Tanjung | Ummi Hadyah Saleh
Jokowi Akan Kunjungi Lokasi Pengungsian Korban Erupsi Semeru Besok
Presiden Jokowi (BPMI Sekretariat Presiden)

"Besok beliau berangkat dari Halim pagi hari dan seharian akan di lokasi Kabupaten Lumajang dan sekitarnya," kata Heru.

Suara.com - Presiden Joko Widodo akan meninjau lokasi bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa besok. Hal itu disampaikan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Senin (6/12/2021).

"Besok Bapak Presiden akan melakukan kunjungan kerja ke Lumajang untuk melihat langsung kondisi terkini akibat bencana erupsi Semeru. Besok beliau berangkat dari Halim pagi hari dan seharian akan di lokasi Kabupaten Lumajang dan sekitarnya," kata Heru.

Heru menuturkan, Jokowi akan mengunjungi titik-titik posko yang didirikan BNPB, TNI dan Polri. Ia juga akan meninjau dapur umum yang didirikan Kementerian Sosial.

Selain itu, Jokowi juga akan melihat para korban yang terkena dampak erupsi Semeru di rumah sakit.

Baca Juga: Serupa Kejadian Erupsi Semeru, Korban Erupsi Merapi 2010 Juga Ditemukan Tewas Berpelukan

"Bapak presiden akan juga memberikan bantuan juga dari beliau langsung untuk para korban erupsi Semeru," ujarnya.

Untuk diketahui, jumlah penduduk terdampak erupsi Gunung Semeru. Sebanyak 5.205 jiwa terdampak erupsi hingga Senin (6/12).

Jumlah penduduk erupsi gunung Semeru itu berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Lumajang.

Berdasarkan data terkini yang dihimpun oleh BNPB, jumlah warga yang meninggal sebanyak 14 orang dan 27 orang hilang, hingga kini belum ditemukan.

Hingga saat ini korban yang mengalami luka sejumlah 56 orang dan sebanyak 1.707 penduduk mengungsi di titik pengungsian yang telah disediakan. Proses pencarian korban hilang masih berlanjut.

Baca Juga: Banyak Pihak di Istana Bicara Wakili Presiden, Jubir Jokowi Diusulkan Satu Pintu

Komentar