alexametrics

Antisipasi Banjir, Jokowi Perintahkan Tanam Pohon di Tepi Sungai Kapuas Kalbar

Erick Tanjung
Antisipasi Banjir, Jokowi Perintahkan Tanam Pohon di Tepi Sungai Kapuas Kalbar
Presiden Jokowi (BPMI Sekretariat Presiden)

"Saya perintahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta perusahaan besar melakukan penyemaian untuk penanaman pohon," kata Jokowi.

Suara.com - Presiden Joko Widodo menginstruksikan instansi terkait dan sektor swasta menanam pohon di wilayah hulu tepi sungai Kapuas dan Melawi Kalimantan Barat untuk mengantisipasi banjir dalam jangka panjang.

"Saya perintahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta perusahaan besar melakukan penyemaian untuk penanaman pohon," kata Jokowi usai meninjau pembangunan tanggul dari tabung pasir/geotube di Sintang Kalbar, Rabu (8/12/2021).

Jokowi menyampaikan pembangunan tanggul dari geotube yang di isi pasir itu cuma mengatasi banjir jangka pendek di Sintang. "Saya meninjau bangunan infrastruktur geotube penanganan banjir jangka pendeknya, buat tanggul dari geotube di isi dengan pasir untuk mengurangi banjir yang ada," ujarnya.

Menurutnya selain itu perlu penanganan banjir untuk jangka menengah dan panjang. "Hujan ekstrem terjadi juga kerusakan daerah aliran sungai, jadi kita akan siapkan penanaman pohon daerah yang berada di sungai Kapuas dan Melawi," tutur dia.

Baca Juga: Klaim Tidak Jawa-Sentris, Presiden Jokowi Klaim Investasi di Luar Jawa Lebih Besar

Selain itu, Jokowi juga menegaskan perlunya perbaikan area utama di hulu. "Kita akan perintahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta perusahaan besar untuk membuat persemaian, untuk penghijauan," tegas Jokowi.

Usai meninjau pembangunan geotube, Presiden Jokowi melakukan penanaman pohon di Kelurahan Kedabang Kecamatan Sintang Kalimantan Barat.

Kunjungan Jokowi di Sintang, di dampingi sejumlah menteri dan Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, Gubernur Kalbar Sutarmidji, Bupati Sintang Jarot Winarno dan sejumlah pejabat penting lainnya. (Antara)

Komentar