facebook

Asal Usul Nama Omicron pada Varian Terbaru Virus Corona

Rifan Aditya
Asal Usul Nama Omicron pada Varian Terbaru Virus Corona
Asal Usul Nama Omicron pada Varian Terbaru Virus Corona - Varian Omicron (Pixabay).

Kasus pertama varian Omicron telah terjadi di Indonesia. Terlepas dari kabar ini, apakah kalian tahu bagaimana asal usul nama Omicron pada varian terbaru virus corona ini?

Suara.com - Kasus pertama varian Omicron telah terjadi di Indonesia. Terlepas dari kabar ini, apakah kalian tahu bagaimana asal usul nama Omicron pada varian terbaru virus corona ini?

Banyak orang yang penasaran, mengapa varian Virus Corona B.1.1.529 yang merupakan hasil mutasi dari virus SARS-CoV-2 diberi nama Omicron oleh WHO? Seperti apa asal usul nama Omicron selengkapnya? Simak ulasan menariknya di bawah ini. 

Melansir sebuah unggahan di akun Instagram @pandemictalks, WHO menamai Virus Corona varian B.1.1.529 dengan nama Omicron karena untuk menghormati Presiden China Xi Jinping. Bagaimana bisa asal usul nama Omicron dikaitkan dengan Presiden Xi Jinping?

Asal Usul Nama Omicron

Baca Juga: Omicron Sudah Masuk Indonesia, Kurangi Acara Kumpul-kumpul

Alasan untuk menghormati Xi Jinping tersebut hanya merupakan salah satu alasan WHO. Masih ada beberapa alasan pemberian nama Omicron untuk varian B.1.1.529.

Perlu diketahui bahwa Omicron adalah bahasa Yunani. Seperti nama varian Virus Corona sebelumnya, WHO memang mengambil nama-nama itu dari alphabet. Sebut saja varian Delta, Alpha, Beta, hingga Gamma.

Lantas, mengapa WHO tidak memberi nama Nu atau Xi bagi varian B.1.1.529, padahal pada abjad Yunani, Omicron itu setelah Nu dan Xi? Ternyata, arti Omicron atau ‘O Micron’ dalam bahasa Yunani adalah ‘kecil’.

Abjad ini merupakan kebalikan dari abjad ke-24 yaitu ‘O Mega’ yang berarti ‘besar’. Ada beberapa alasan WHO tidak memberi nama ‘Nu’ ataupun ‘Xi’ bagi B.1.1.529.

  • Sebelumnya, WHO menamai varian Virus Corona dengan ‘Mu’, maka untuk mencegah kebingungan dalam mengejanya, WHO melewatkan ‘Nu’. Pasalnya, penyebutan ‘Nu’ mirip dengan ‘Mu’.
  • WHO melewatkan ‘Xi’ karena cukup banyak orang di dunia bernama ‘Xi’  meski hanya bunyi awalan. Selain itu juga untuk menghormati Presiden China Xi Jinping.
  • Nama Omicron memudahkan peneliti saat melakukan penelitian. Selain itu juga memudahkan saat memberi keterangan kepada publik dibanding menyebut nama asal virus ditemukan.
INFOGRAFIS: Kenali 7 Gejala Varian Omicron
INFOGRAFIS: Kenali 7 Gejala Varian Omicron

Apapun namanya, dan bagaimanapun asal usul nama Omicron, yang paling penting adalah kita harus selalu waspada. Satgas Penanganan Covid-19 BNPB kembali memberikan himbauan tegas kepada seluruh masyarakat untuk mengurangi mobilitas jelang periode libur pergantian tahun.

Baca Juga: Bicara soal Karantina dan Lolosnya Omicron, Prof Zubairi: Percuma Kalau Ada Cawe-Cawe

Imbauan ini dilontarkan menyusul pantauan terhadap tren pergerakan yang menanjak dalam periode 3-4 bulan terakhir. Mengacu data Google Mobility Index, mobilitas masyarakat terus naik dari bulan ke bulan dalam periode tersebut.

Komentar