facebook

5 Keutamaan Membaca Sholawat Nabi, Bacalah Rutin Agar Mendapat Banyak Syafaat!

Chyntia Sami Bhayangkara
5 Keutamaan Membaca Sholawat Nabi, Bacalah Rutin Agar Mendapat Banyak Syafaat!
Ilustrasi berdoa, keutamaan membaca sholawat Nabi (Freepik)

Simak keutamaan membaca sholawat Nabi yang wajib untuk diketahui berikut ini.

Suara.com - Membaca sholawat Nabi merupakan ibadah yang biasa dilakukan setelah melaksanakan sholat. Perlu diketahui bahwa sholawat Nabi adalah sebuah ungkapan, sanjungan serta memuliakan Nabi Muhammad SAW. Apa keutamaan membaca sholawat nabi?

Keutamaan membaca sholawat nabi. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 56 tentang perintah untuk bersholawat kepada Nabi yang berbunyi: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab: 56).

Allah SWT menjanjikan kepada hamba-Nya yang bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW akan mendapatkan pahala yang besar baginya. Keutamaan membaca sholawat nabi tertuang dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa bersholawat kepadaku sekali, Allah memberikan rahmat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim).

Lalu apa saja keutamaan membaca sholawat Nabi yang dapat mendatangkan rahmat dan pahala yang besar kepada umat muslim? Simak keutamaan membaca sholawat Nabi yang wajib untuk diketahui berikut ini.

Baca Juga: Lengkap Sholawat Nabi untuk Hajat, Baca saat Mencari Kerja atau Kesulitan Usaha

1.  Mendapatkan syafaat di hari kiamat

Umat muslim yang selalu membaca sholawat akan mendapatkan syafaat baginya di hari kiamat. Dari Abdullah ibnu Mas’ud, bahwa Rasulullah SAW bersabda “Orang yang paling berhak mendapat syafaatku kelak di hari kiamat adalah orang yang paling banyak membaca shalawat untukku”.

2.  Berkumpul besama Nabi Muhammad SAW di surga

Umat muslim yang memperbanyak sholawat akan ditempatkan di sisi Nabi Muhammad SAW di surga. Hal ini sebagaimana dalam hadist, Rasulullah SAW bersabda, “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

3.  Mendapatkan pahala sepuluh kali lipat

Baca Juga: Doa Setelah Sholat Tahajud Hingga Dzikir dan Bacaan Sholawat Nabi

Dalam hadis, Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa umat muslim yang memperbanyak amalan membaca sholawat Nabi akan mendapatkan sepuluh kali lipat pahalanya. Sebagaimana dalam hadist, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar