facebook

Erick Thohir Beri Misi Sarinah Buat Gerakkan UMKM dan Brand Lokal

Erick Tanjung | Achmad Fauzi
Erick Thohir Beri Misi Sarinah Buat Gerakkan UMKM dan Brand Lokal
Menteri BUMN Erick Thohir (Antara)

"Dengan terjadinya kolaborasi BUMN, maka terjadi cross selling dan kolaborasi end-to-end dalam bisnis pariwisata," kata Erick.

Suara.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan PT Sarinah nantinya berperan sebagai lokomotif penggerak UMKM dan brand lokal.

Hal itu disampaikan Erick ketika meninjau progress pemugaran gedung Sarinah Thamrin dan berbincang-bincang bersama insan Sarinah serta mitra usahanya, Selasa (18/1) lalu.

"Sarinah dengan 4 BUMN lainnya yang bergabung dengan Holding PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) berkolaborasi membentuk ekosistem pariwisata yang terintegrasi. Dengan terjadinya kolaborasi BUMN, maka terjadi cross selling dan kolaborasi end-to-end dalam bisnis pariwisata," kata Erick dalam keterangannya, Kamis (20/1/2022).

Erick melanjutkan bahwa Sarinah akan sering hadir pada pameran-pameran internasional. Sarinah menjadi kunjungan wajib wisatawan asing baik sebagai tamu dan delegasi acara internasional ketika Indonesia menjadi tuan rumah, para ekspatriat, serta organisasi international.

Baca Juga: Relawan Erick Thohir Gelar Deklarasi di Kandang Ridwan Kamil

Sarinah juga memiliki banyak ruang terbuka hijau untuk menyikapi ritel paska pandemi dan mendukung protokol kesehatan. Dengan konsep urban forest, Sarinah memiliki ambiance yang santai dan harapannya menjadi tempat hits baru di jantung Ibu Kota.

Sementara, Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati mengatakan, perseroan yang mengambil konsep Community Mall menjadi wadah kolaborasi untuk berbagai komunitas, terutama komunitas kreatif.

"Sarinah sebagai heritage atau warisan budaya juga memiliki Cultural Zone dan Galeri Sarinah sebagai wadah seniman berkarya," ujar dia.

Fetty melanjutkan bahwa Sarinah menjadi panggung bagi seniman dan menyediakan tempat bagi komunitas kreatif untuk berkarya sebagai bentuk Sarinah mengapresiasi karya seni dan budaya.

Sarinah dapat menjadi wadah untuk MICE eksklusif dan menjadi tempat menjamu tamu-tamu negara, maupun ibu kota. Sebagai pintu gerbang dan ibu kota negara, para kreator dan UMKM daerah dapat bergantian memamerkan dan menjual produk mereka di Sarinah, misalnya melalui Pekan Produk Nusantara dan komunitas hobi.

Baca Juga: Sahabat Dekat Ungkap Motif Dorce Gamalama Minta Bantuan kepada Megawati

Keunikan Sarinah selanjutnya adalah umurnya yang sudah cukup lama eksis, Sarinah menjadi tempat kunjung lintas generasi karena produk dan layanan yang disajikan cocok bagi mereka. Sarinah yang disajikan untuk antar generasi, maka Sarinah akan terus relevan dengan market masa kini dan terus berinovasi hingga market masa depan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar