facebook

Hari Libur Imlek 2022 Tanggal Berapa? Ini Penjelasan SKB 3 Menteri untuk Tahun Baru China Shio Macan Air

Rifan Aditya
Hari Libur Imlek 2022 Tanggal Berapa? Ini Penjelasan SKB 3 Menteri untuk Tahun Baru China Shio Macan Air
Hari Libur Imlek 2022 Tanggal Berapa? Ini Penjelasan SKB 3 Menteri untuk Tahun Baru China Shio Macan Air - Hari Libur Imlek 2022, ucapan tahun baru Imlek (Freepik)

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 dan 4 Tahun 2021 sudah jelas disebutkan bahwa hari libur Imlek 2022 adalah hari Selasa, tanggal 1 Februari 2022.

Suara.com - Hari libur Imlek 2022 tanggal berapa? Pertanyaan ini memang masih sering dilontarkan jelang Tahun Baru China atau Hari Raya Imlek.

Untuk mengetahui hari libur Imlek 2022 tanggal berapa, kita dapat melihat Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 dan 4 Tahun 2021. Pasalnya, penetapan hari libur nasional dan cuti bersama kekinian perlu menyesuaikan situasi pandemi covid-19 di Indonesia.

Dalam SKB itu disebutkan, bahwa hari libur nasional Imlek 2022 jatuh pada tanggal 1 Februari 2022. Sebagai tambahan informasi, mari simak ulasan tentang Imlek selengkapnya di bawah ini:

Asal usul Istilah Imlek

Baca Juga: 4 Tips Fashion Rayakan Imlek dengan Stylish dan Modern

Perayaan pergantian tahun berdasarkan sistem lunisolar ini memang selalu semarak dirayakan, tidak terkecuali di Indonesia. Walaupun awal mulanya Imlek hanya dirayakan oleh masyarakat Tionghoa saja, namun lambat laun tradisi ini mulai diakulturasi dan bisa diterima oleh banyak orang.

Sementara itu di China sendiri, warga setempat sebenarnya tidak mengenal kata Imlek. Istilah Imlek ini hanya digunakan masyarakat Tionghoa di Indonesia yang diambil dari bahasa Hokkian. Imlek di negara asalnya disebut sebagai Chun Jié, di mana dalam aksara sederhana berarti Festival Musim Semi.

Imlek 2022 Shio Apa?  

Pada perayaan Imlek tahun 2022 ini, shio Macan Air yang akan menjadi andalan. Shio Macan Air ini dipercaya akan mendatangkan kekuatan, keberanian, dan ketangguhan dalam menghadapi kesulitan.

Ilustrasi Macan Air
Ilustrasi Macan Air

Sejarah Imlek 

Baca Juga: Meski Pandemi, Tan Joe Lie Mampu Menjual 70 Kilo Kue Keranjang Dalam Sehari, Omsetnya Lumayan

Menurut sejarah, Imlek sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini bermula pada saat orang China kuno berkumpul untuk merayakan masa akhir panen. Tetapi, catatan pertama perayaan Imlek dikatakan berasal dari periode Negara-Negara Berperang, di mana ini terjadi ketika Dinasti Zhou akan runtuh.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar