facebook

Kemenpora Beri Edukasi Anak Muda Soal Sosial Politik

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah
Kemenpora Beri Edukasi Anak Muda Soal Sosial Politik
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan pelatihan kepada peserta Sekolah Pemerintahan dan Kebijakan Publik Golkar Institute.

Kemenpora gelar kegiatan untuk mengakselerasi peranan pemuda di bidang sosial dan politik.

Suara.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan pelatihan kepada peserta Sekolah Pemerintahan dan Kebijakan Publik Golkar Institute di Auditorium Wisma Kemenpora, Selasa (25/1/2022).

Hadir dalam acara ini, Ketua Dewan Pengurus Golkar Institute, Dr. TB. H. Ace Hasan Syadzily, Faculty Chair Golkar Institute Mulya Ari dan pengurus lainnya. 

Sementara itu dari Kemenpora, turut hadir Sekretaris Deputi Pengembangan Pemuda, Anwar Rahmat, Asdep Kewirausahaan, Imam Gunawan, Asdep Standarisasi dan Infrastruktur, Andi Susanto dan Asdep Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda, Dr. Ibnu Hasan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Asrorun Ni’am Sholeh menyebutkan bahwa kegiatan yang bertajuk "Executive Education Program for Young Political Leaders, Batch-5” ini sangat penting untuk mengakselerasi peranan pemuda di bidang sosial dan poltik. 

Baca Juga: Kunjungi SKO Disabilitas di Solo, Menpora Minta Para Pelajar Semangat Raih Prestasi Tertinggi

Sebab, menurut survei terkahir yang dilakukan CSIS dan Alvara Institute menyatakan bahwa keberperanan dan partisipasi pemuda di bidang sosial politik itu belum sampai 4 persen. 

"Sepertinya jumlahnya sangat rendah dibanding dengan populasi kita yang secara demografi berada di dalam bonus demografi, dimana usia produktif itu mendominasi. Dari usia produktif itu kita ambil sekuel usia yang dirumuskan DPR 16-30 tahun dari total populasi kita 265 juta jiwa itu ada 23, 4 persen setara 64 juta jiwa," jelasnya. 

Ia kemudian menjelaskan bahwa anak muda memiliki peran di dalam perubahan sosial menuju yang lebih baik, dimanapun dan kapanpun. 

"Sejarah perubahan masyarakat gak ada yang tanpa keterlibatan anak muda baik di Indonesia maupun di dalama perubahan masyarakat di dunia," katanya. 

Sementara itu, Sekretaris Golkar Institute, Ferdiansyah menuturkan bahwa mengunjungi langsung Instansi pemerintah dalam hal ini Kemenpora, untuk memberikan wawasan dan informasi kepada peserta sekolah pemerintah dan kebijakan publik Golkar Institute supaya mereka bisa menjawab tantangan kedepan. 

Baca Juga: Sambil Diskusi, Menpora dan Atlet Paralimpiade Makan Lesehan Nasi Liwet di Solo

"Kami menghaturkan terimakasih atas nama Golkar Institute bahwa kami diterima, kami berharap dari pejabat Kemenpora bisa memberikan yang terbaik untuk peserta Golkar Institute," ungkapnya. 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar