facebook

Omicron Melonjak, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Klaim Ketersediaan Tempat Tidur Isolasi di Rumah Sakit Aman

Chandra Iswinarno | Stephanus Aranditio
Omicron Melonjak, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Klaim Ketersediaan Tempat Tidur Isolasi di Rumah Sakit Aman
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. [SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono]

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan angka keterpakaian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) Covid-19 secara nasional masih aman, yakni di bawah 10 persen.

Suara.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan angka keterpakaian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) Covid-19 secara nasional masih aman, yakni di bawah 10 persen.

Budi memaparkan, saat ini jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di ruang isolasi ada sebanyak 7.688 orang, sementara yang di ruang Intensive Care Unit (ICU) ada 432 orang.

"Nah sementara total tempat tidur isolasi yang sudah siap sekarang untuk dipakai itu ada sekitar 70.641, jadi ini baru sekitar di bawah 10 persen dari kapasitas tempat tidur isolasi kita," kata Budi dalam jumpa pers pada Kamis (27/1/2022).

Menurut Budi, total kapasitas bed Covid-19 ini bisa ditingkatkan kembali hingga 130 ribu bed lebih seperti saat lonjakan varian delta pertengahan tahun lalu.

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi: Jumlah Kasus Omicron Akan Naik dalam Waktu Singkat

"Tempat tidur isolasi kita tuh bisa dinaikan sampai angka sekitar 120-130 ribu, yang sekarang sudah ready untuk dipakai ada sekitar 80 ribuan, tidak perlu konversi lagi," ucapnya.

Dia juga membantah, kapasitas rumah sakit di Jakarta sudah mulai penuh hingga 45 persen. Menurutnya, kapasitas itu belum dikonversikan sehingga terkesan penuh.

"Itu 45 persen terisi dari kapasitas yang siap sekarang 3.900 bed, sebenarnya tempat tidur isolasi di Jakarta itu 11 ribu, sekarang belum dikonversi saja," tutur Budi.

Diketahui, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengumumkan kasus positif COVID-19 di Indonesia kembali bertambah sebanyak 8.077 orang pada Kamis (27/1/2022), sehingga total kasus mencapai 4.309.270 orang.

Sementara kasus aktif atau orang yang masih dirawat naik 6.427 menjadi 35.704 orang.

Baca Juga: Satu Warga Batam yang Suspek Omicron Sopir dari Rombongan Kerja Presiden Jokowi

Jumlah suspek mencapai 9.820 orang, dengan positivity rate hari ini mencapai 16,62 persen, jauh di atas standar WHO yakni 5 persen.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar