facebook

Jadwal Puasa Rajab 2022 dan Ayyamul Bidh, Lengkap dengan Bacaan Niat dan Artinya yang Perlu Diketahui

Chyntia Sami Bhayangkara
Jadwal Puasa Rajab 2022 dan Ayyamul Bidh, Lengkap dengan Bacaan Niat dan Artinya yang Perlu Diketahui
Ilustrasi puasa, Jadwal Puasa rajab 2022 dan ayyamul bidh (Pexels)

Simak jadwal puasa rajab 2022 lengkap dengan jadwal puasa ayyamul bidh berikut ini.

Suara.com - Kini seluruh umat muslim di seluruh dunia telah memasuki bulan Rajab 1443 Hijriah. Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang istimewa karena pada bulan ini terjadinya peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Umat Islam dianjurkan untuk melakukan puasa rajab. Lantas, kapan jadwal puasa rajab 2022 dan ayyamul bidh?

Puasa Rajab merupakan puasa yang sunnah yang biasa dikerjakan seperti bulan sebelumnya seperti puasa Senin – Kamis, puasa Ayyamul Bidh dan puasa Daud. Bedanya puasa sunnah yang dikerjakan pada bulan Rajab adalah memiliki pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT. Kapan jadwal puasa rajab 2022 dan ayyamul bidh?

Kali ini, Suara.com akan membahas jadwal puasa rajab 2022 dan jadwal puasa Ayyamul bidh beserta bacaan niat latin beserta terjemahannya yang dapat dikerjakan sebagai puasa Rajab 1443 Hijriah berikut ini.

Jadwal Puasa Rajab 2022

Baca Juga: 5 Keutamaan Bulan Rajab, Bulan yang Dimuliakan Allah SWT dan Penuh Keistimewaan

Berdasarkan keputusan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, awal Rajab 1443 H jatuh pada Kamis, 3 Februari 2022 M. Keputusan ini didasarkan pada laporan tim rukyat yang tidak melihat hilal di seluruh Indonesia pada Selasa, 29 Jumadil Akhirah 1443 H /1 Februari 2022 M.  Artinya puasa Rajab bisa mulai dilakukan pada Kamis, 3 Februari 2022 hingga Sabtu, 5 Februari 2022. 

Niat Puasa Rajab

Sama seperti puasa wajib dibulan Ramadhan, sebelum menjalankan puasa Rajab kamu juga harus melafalkan niatnya. Berikut ini niat puasa Rajab: 

"Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ."

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT.” 

Baca Juga: Hari Apa Saja Puasa Rajab 2022? Ini Penjelasan Lengkap dengan Amalan Puasa di Bulan Rajab Lainnya

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh

Komentar