facebook

Mengenal Titik Nol Ibu Kota Baru, yang Akan Jadi Tempat Presiden Jokowi Berkemah

Chyntia Sami Bhayangkara
Mengenal Titik Nol Ibu Kota Baru, yang Akan Jadi Tempat Presiden Jokowi Berkemah
Titik nol ibu kota baru (Dok Kemenkeu)

Kegiatan camping di titik nol ibu kota baru akan dimanfaatkan oleh Presiden Jokowi untuk bertemu para tokoh adat di Kaltim.

Suara.com - Penasaran dengan titik nol ibu kota baru? Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan apa yang dimaksud dengan titik nol dalam pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara di Kalimantan. Titik nol Ibu Kota Negara Baru Nusantara adalah titik referensi untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan air laut. 

Nantinya, Istana Negara di IKN Nusantara akan dibangun di daerah yang sedikit lebih tinggi dengan sayap sebelah kanan dibangun gedung DPR dan MPR, bagian yudikatif berada di sayap sebelah kiri. Kabarnya, pembangunan IKN akan dilakukan secara bertahap sampai dengan tahun 2045 mendatang.

Perlu digaris bawahi, bahwa Istana Negara di ibu kota baru, tidak dibangun di titik nol. Karena titik nol ibu kota baru Nusantara hanya sebagai titik referensi untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan air laut.

Pemerintah akan menyiapkan hunian untuk aparatur sipil negara (ASN) dan juga anggota TNI-Polri di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Untuk tahap awal, ada sebanyak 2.500 hunian yan akan dibangun untuk para ASN dan TNI-Polri.

Baca Juga: Bongkar Proyek Ibu Kota Negara, Nama Jokowi dan Ahok Disebut-sebut

Berdasarkan data sementara dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas),  rencana jumlah ASN dan anggota TNI-Polri yang akan dipindahkan ke IKN pada tahap awal sebanyak 7.687 orang. Dengan rincian, sebanyak 1.971 ASN dan 5.716 TNI/Polri termasuk pasukan pengamanan presiden (Paspampres), Badan Intelijen Negara (BIN), dan jajarannya.

Kemah di Titik Nol Ibu Kota Baru

Kabar terbaru, Presiden Joko Widodo alias Jokowi juga akan camping di titik nol ibu kota baru. Hal ini diungkap kan oleh Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor yang mengatakan kalau rencana camping Presiden Jokowi merupakan bukti serius pemindahan ibu kota.

Isran mengaku jika dirinya mendapatkan informasi tersebut langsung dari Presiden Jokowi dalam rapat singkat di VIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan usai pengukuhan PBNU di Balikpapan Sport Center and Convention Dome Balikpapan. Rapat tersebut hanya dihadiri oleh Presiden Jokowi, dirinya, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Informasi ini seperti dilansir dari laman CNBCIndonesia.

Kegiatan camping di titik nol ibu kota baru akan dimanfaatkan oleh Presiden Jokowi untuk bertemu para tokoh adat di Kaltim. Mulai tokoh adat Kutai, Dayak, Paser, Berau, Banjar, Bugis, hingga Jawa.

Baca Juga: Kepala Bappeda Kaltim Muhammad Aswin Diduga Sindir Pembangunan Nusantara: IKN Gemerlap Wilayah Sekitarnya Gelap

Saat itu juga akan ditampilkan karya seni budaya dari berbagai suku di Kalimantan Timur. Selain itu, juga akan dilakukan doa bersama demi kelancaran pemindahan IKN Nusantara dari Jakarta ke Sepaku.

Komentar