facebook

Demokrat Jelaskan Maksud SBY Bilang 'Hanya Ada Satu Matahari' di Partainya

Ruth Meliana Dwi Indriani
Demokrat Jelaskan Maksud SBY Bilang 'Hanya Ada Satu Matahari' di Partainya
Mantan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). [Istimewa]

"Demokrat memang tidak bisa dilepaskan dari sosok SBY yang sukses memimpin Indonesia dan berhasil membawa Demokrat menjadi partai besar," kata kader Partai Demokrat.

Suara.com - Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sempat menegaskan hanya ada satu Matahari di Partai Demokrat. Pesannya itu kemudian dijelaskan lebih lanjut oleh salah satu pengurus partai.

Melansir Wartaekonomi.co.id -- jaringan Suara.com, , Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menjelaskan maksud SBY, yang menurutnya mengambil peran Tut Wuri Handayani.

Herzaky menjelaskan, pesona SBY memang begitu besar. Karena itu, dibutuhkan penegasan mengenai posisi SBY di Partai Demokrat, di mana sudah terjadi pergantian era di tubuh partainya.

Hal ini penting untuk ditegaskan karena memang figur SBY di mata kader tetap merupakan figur sentral dalam perjuangan partai," jelas Herzaky dalam keterangan pers tertulis, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga: Viral! Kyai Asyhari Sebut AHY Keturunan Majapahit, Warganet: Pantes Ayahnya Buat Candi Hambalang

"Demokrat memang tidak bisa dilepaskan dari sosok SBY yang sukses memimpin Indonesia dan berhasil membawa Demokrat menjadi partai besar. Hanya saja, itu dulu. Kini, eranya telah berbeda,” lanjutnya.

SBY sendiri menegaskan sebelumnya jika Partai Demokrat hanya dipimpin oleh putranya yang menjabat sebagai ketua umum, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

"Saat ini dalam perjuangan politik Demokrat yang memimpin adalah ketua umum AHY. Ingat, hanya ada satu matahari, dalam Partai Demokrat," kata SBY saat bersilahturahmi bersama kader Demokrat di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/4/2022).

Artinya, penegasan tersebut merupakan bentuk SBY sepenuhnya menyerahkan dan mempercayakan Partai Demokrat kepada AHY. Kepemimpinan AHY di Partai Demokrat sendiri dipuji oleh Herzaky.

Menurutnya, AHY telah melakukan beberapa langkah strategis yang efektif. Salah satunya melibatkan partai dalam membantu masyarakat selama pandemi Covid-19 hingga menangani perebutan kepemimpunan partai dari pihak luar. 

Baca Juga: Tegaskan Cuma AHY yang Pegang Kendali, Pernyataan SBY soal Hanya Ada Satu Matahari di Partai Demokrat

Dan, kepemimpinan AHY selama dua tahun ini menurut Bapak SBY, sudah di jalur yang tepat. Rakyat semakin banyak yang kembali menaruh harapan kepada Partai Demokrat," puji Herzaky.

Komentar