facebook

Link BSU 2022 Dimana? Login Sekarang dan Dapatkan Bantuan Rp 1 Juta

Rifan Aditya
Link BSU 2022 Dimana? Login Sekarang dan Dapatkan Bantuan Rp 1 Juta
Link BSU 2022 Dimana? Login Sekarang dan Dapatkan Bantuan Rp 1 Juta - Ilustrasi uang rupiah, gaji (Freepik)

Sebagai pekerja yang memenuhi syarat, Anda bisa membuka link BSU 2022 di laman bsu.kemnaker.go.id untuk mendapatkan informasi terbaru terkait Bantuan Subsidi Upah.

Suara.com - Kabar baik, pemerintah telah mengumumkan bahwa BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) akan kembali cair pada bulan April 2022 ini. Lalu dimana link BSU 2022 untuk tahu masuk ke daftar penerima bantuan atau tidak?

Para pekerja bisa membuka link BSU 2022 di laman bsu.kemnaker.go.id untuk cek apakah menerima atau tidak. Penerima BSU 2022 akan mendapatkan BLT subsidi gaji sebesar Rp1 juta.

Syarat Penerima BSU 2022

Bantuan Subsidi Upah alias BSU 2022 ini diperuntukkan bagi para pekerja yang memenuhi kriteria dari Kementerian Ketenagakerjaan atau Kemenaker.

Baca Juga: Daftar Bansos yang Cair Bulan April 2022, PKH hingga BLT Minyak Goreng Segera Cair!

Berdasarkan ketentuan penyaluran BLT subsidi gaji tahun lalu, setidaknya terdapat enam kriteria yang harus dipenuhi oleh pekerja. Enam kriteria tersebut didasarkan pada Permenaker Nomor 16 Tahun 2021, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia atau WNI, yang dibuktikan dengan NIK KTP.
  2. Memiliki penghasilan tidak lebih dari Rp 3,5 juta per bulannya. 
  3. Merupakan pekerja ataupun buruh penerima upah.
  4. Terdaftar sebagai peserta yang aktif BPJS Ketenagakerjaan.
  5. Diutamakan bekerja di sektor usaha Industri Barang Konsumsi, Transportasi, Aneka Industri, Properti dan Real Estate, serta Perdagangan dan Jasa (kecuali jasa kesehatan serta pendidikan).
  6. Bekerja di wilayah dengan PPKM level 3 dan 4.

Di tahun 2022 ini, pemerintah akan menyalurkan BSU kepada 8,8 juta pekerja yang telah terpilih. Kendati belum ada jadwal pencairan pasti dari pemerintah, namun diperkirakan dana BSU 2022 akan disalurkan pada bulan April ini.

Sebagai pekerja yang memenuhi syarat, Anda bisa membuka link BSU 2022 di laman bsu.kemnaker.go.id untuk mendapatkan informasi terbaru terkait Bantuan Subsidi Upah. Tidak hanya memberikan daftar penerima BSU, namun link bsu.kemnaker.go.id juga menginformasikan terkait syarat serta ketentuan bagi penerima BLT subsidi gaji tersebut.

Cara Akses Link BSU 2022

Berikut ini adalah cara akses link bsu.kemnaker.go.id lewat ponsel ataupun komputer.

Baca Juga: Begini 2 Cara Cek Bantuan Subsidi Upah 2022 yang Cair Sebelum Idul Fitri

  • Buka browser di ponsel atau komputer dan ketik bsu.kemnaker.go.id pada bagian url.
  • Saat situs berhasil dibuka, informasi pertama yang akan didapatkan adalah mengenai pengertian serta syarat agar mendapatkan BSU.
  • Kemudian klik kemnaker.go.id untuk cek penerima BSU.
  • Lalu, login menggunakan email atau nomor HP dan password
  • Maka Anda akan mendapatkan notifikasi yang berisikan keterangan terpilih atau tidaknya sebagai penerima BSU 2022.

Jika Anda mendapatkan Bantuan Subsidi Upah, maka akan muncul tulisan 'telah ditetapkan sebagai penerima BSU'. Namun, jika Anda tidak mendapatkan BSU, maka tulisan yang akan muncul adalah 'belum memenuhi syarat'.

Komentar