facebook

Fakta-fakta Kemacetan di Gunung Bromo saat Libur Lebaran 2022, Pengunjung Membeludak

Agatha Vidya Nariswari
Fakta-fakta Kemacetan di Gunung Bromo saat Libur Lebaran 2022, Pengunjung Membeludak
Kemacetan di Gunung Bromo Jawa Timur [Foto: Tangkapan layar Instagram]

Wisatawan membeludak, video kemacetan di Gunung Bromo viral di media sosial

Suara.com - Tidak hanya di ruas jalan tol kemacetan terjadi pada saat arus balik mudik Lebaran 2022. Kini kepadatan kendaraan bermotor juga tampak di kawasan wisata Gunung Bromo, Jawa Timur.

Seorang warganet mengunggah sebuah video melalui akun Twitter @alexjourneyID. Ia mengunggah empat video yang memperlihatkan kemacetan yang tak lazim, karena terjadi di gunung bukan di jalan tol lagi.

Dalam video yang diunggah pada Sabtu (7/5/2022) memperlihatkan kemacetan panjang yang terjadi di Cemoro Lawang, pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Jumlah pengunjung yang lewat Probolinggo tinggi

Baca Juga: Terpopuler Kemarin, Penjual Alas Duduk di Alun-alun Malang Panen Cuan hingga Viral Kemacetan di Gunung Bromo

Dalam unggahnya, tertulis bahwa antrian masuk Taman Nasional Bromo hari ini di pintu masuk Malang, Coban Trisula.

Kemacetan tersebut terjadi karena masyarakat untuk berwisata ke kawasan Gunung Bromo lewat Kabupaten Probolinggo sangat tinggi. Kemudian beralih ke Cemoro Lawang, Desa Ngadisari walaupun harus menempuh perjalanan 3 jam.

Kepolisian sudah mengantisipasi

Kapolsek Sukapura Iptu Sugeng Hariono mengatakan bahwa kemacetan semacam ini tidak bisa dihindari. Terutama di saat libur nasional. Polisi sudah melakukan tindakan untuk mengantisipasi kemacetan, salah satunya melarang mobil parkir di sekitar Desa Ngadisari. Namun,ledakan pengunjung membuat jalur menuju Bromo dan Puncak Seruni Poin tetap macet.

Sugeng juga menambahkan bahwa dia menilai kemacetan itu wajar. Pasalnya, tahun ini wisatawan lebih banyak memilih Bromo sebagai destinasi wisata. Selain panorama alamnya yang masih asri dan mempesona, kehadiran puncak Seruni Poin juga menjadi salah satu faktor penarik wisatawan. 

Baca Juga: Enggak Hanya di Jalan Tol, Kemacetan Juga Sempat Terjadi di Bromo

Kemacetan juga terjadi di Savana yang mengarah ke objek wisata "Bukit Teletubbies". Dalam video yang beredar, terlihat beberapa wisatawan turun dari kendaraannya dikarenakan lalu lintas tidak bergerak sama sekali.

Komentar