facebook

Daftar Negara yang Diserang Cacar Monyet, Sudah Sampai Tetangga Indonesia

Ruth Meliana Dwi Indriani
Daftar Negara yang Diserang Cacar Monyet, Sudah Sampai Tetangga Indonesia
Cacar monyet (Antara)

Penyebaran penyakit monkeypox (cacar monyet) semakin meluas ke sejumlah negara. Otoritas melaporkan kasus baru ditemukan hingga negara tetangga Indonesia.

Suara.com - Penyebaran penyakit monkeypox atau cacar monyet semakin meluas ke sejumlah negara. Otoritas melaporkan kasus baru ditemukan di Swedia, Prancis dan Italia. Negara tetangga Indonesia, Australia, pun melaporkan kasus pertamanya pada Jumat (20/5/2022).

Laporan tersebut menyusul konfirmasi kasus di Inggris, Amerika Serikat (AS), Spanyol dan Portugal, serta penyelidikan 13 kasus yang dicurigai di Kanada. Artinya, sudah ada sedikitnya delapan negara yang terkonfirmasi ada temuan penyebaran kasus cacar monyet.

Sebagai informasi, cacar monyet paling sering terjadi di daerah terpencil di Afrika Tengah dan Barat. Penyakit di luar daerah acapkali dikaitkan dengan perjalanan ke kawasan-kawasan tersebut.

Menyadur BBC, monkeypox adalah virus langka yang ringan dan dapat sembuh dalam beberapa pekan. Virus tersebut juga tidak menyebar dengan mudah di antara orang-orang.

Baca Juga: Di Balik Layar SEA Games ke-31, Ini 3 Konten Olahraga Menarik di Tiktok dari Atlet Indonesia

Risiko penularan secara luas bisa dibilang sangat rendah. Dilansir laman Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC), Portugal melaporkan lima kasus cacar monyet terkonfirmasi dan lebih dari 20 kasus yang dicurigai pada 18 Mei 2022.

Adapun Spanyol melaporkan delapan kasus yang dicurigai cacar monyet. Di Inggris, kasus pertama cacar monyet dilaporkan Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) pada 7 Mei 2022 dan diyakini kasus impor.

Selanjutnya pada 14 Mei 2022, ada dua kasus cacar monyet yang ditemukan di Inggris. Dua orang yang terkena cacar monyet itu tinggal di rumah yang sama.

Lalu empat kasus selanjutnya dikonfirmasi oleh UKHSA pada 16 Mei 2022. Keduanya juga tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah endemik monkeypox.

Sementara Australia pada Jumat melaporkan kasus dugaan pertamanya pada seorang pria yang jatuh sakit setelah kembali dari perjalanan di Eropa. Lalu ada satu kasus cacar monyet ditemukan di Swedia pada Kamis (19/5/2022). Kemudian satu kasus di Italia dan satu lagi dicurigai di Prancis.

Baca Juga: Dijuluki "Negeri Bajak Laut", Inilah 5 Fakta Tentang Negara Somalia!

Di Amerika Utara, otoritas kesehatan di negara bagian Massachusetts juga mengonfirmasi bahwa seorang pria telah terinfeksi cacar monyet. Dia baru-baru ini melakukan perjalanan ke Kanada. Media lokal juga melaporkan bahwa 13 kasus dugaan virus cacar monyet itu tengah diselidiki.

Sebagai informasi, monkeypox merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Penularan ke manusia dapat terjadi melalui kontak dengan hewan atau manusia yang terinfeksi, atau dengan bagian tubuh manusia yang mengandung virus.

Adapun penularan virus cacar monyet antar manusia sebagian besar terjadi melalui tetesan pernapasan.

Kontributor : Alan Aliarcham

Komentar