facebook

Sikap Jokowi Ini Dinilai Kode Dukung Ganjar dan Moeldoko di Pilpres 2024

Ruth Meliana Dwi Indriani
Sikap Jokowi Ini Dinilai Kode Dukung Ganjar dan Moeldoko di Pilpres 2024
Presiden Jokowi saat pembukaan Rakernas V Projo di Jawa Tengah pada Sabtu (21/5/2022). [Antara]

Kode tersebut diungkap oleh pengamat berdasarkan hasil analisisnya.

Suara.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dinilai akan memberikan dukungannya kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan KSP Moeldoko di Pilpres 2024. Hal ini berdasarkan hasil analisis pengamat.

Melansir Wartaekonomi.co.id -- jaringan Suara.com, Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas mengatakan Presiden Jokowi sudah memberikan kode bakal mendukung Ganjar untuk maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Menurutnya, kode itu terlihat dari sikap Presiden Jokowi saat melakukan Rapat Kerja Nasional V Projo. Salah satunya pemilihan lokasi rapat yang diadakan di Magelang, Jawa Tengah.

"Pemilihan lokasi Rakernas V Projo di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tentunya ada pertimbangan dan ada nilai politis yang berkaitan dengan keputusan politik kelompok sukarelawan itu," ujar Fernando pada Minggu (22/5/2022).

Baca Juga: Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

Fernando menjelaskan, pemilihan Jawa Tengah sebagai lokasi rakernas dinilai sangat erat dengan arah dukungan Jokowi dan Projo kepada Ganjar Pranowo.

Selain itu, kehadiran sejumlah tokoh dalam Rakernas Projo juga menjadi sorotan. Di antaranya adalah Ganjar Pranowo dan Moeldoko sendiri, yang dinilai berpotensi mendapatkan dukungan dari Jokowi.

"Ganjar dan KSP Moeldoko berpotensi didukung Projo pada Pilpres 2024," lanjutnya.

Lebih lanjut, Fernando menilai Jokowi seolah ingin meletakkan estafet kepemimpinannya kepada dua tokoh nasional tersebut. Apalagi Ganjar dan Moeldoko juga memiliki kedekatan dengan Jokowi.

"Projo memiliki harapan Ganjar akan berpasangan dengan Moeldoko pada Pilpres 2024," kata Fernando.

Baca Juga: Dari Ujung Timur Indonesia, DPD ProJo Papua Barat Usul Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024

Sebagai informasi, Presiden Jokowi kembali mengingatkan membahas urusan politik tidak perlu tergesa-gesa dalam sambutan di Rakernas Projo. Ia mengingatkan Projo jangan terburu-buru menentukan pilihan, meski pilihannya bisa saja sudah hadir di acara tersebut.

Komentar