facebook

Kunjungi Jokowi di Istana Merdeka, Serbia Ingin Rekrut Pekerja Asal Indonesia

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
Kunjungi Jokowi di Istana Merdeka, Serbia Ingin Rekrut Pekerja Asal Indonesia
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Serbia Nikola Selakovic bersama delegasi terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/5/2022). Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Serbia tertarik untuk merekrut pekerja-pekerja asal Indonesia untuk bekerja di beragam sektor, ujar Retno.

Suara.com - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Serbia Nikola Selakovic bersama delegasi terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/5/2022). Pada kesempatan itu, Nikola sempat menyampaikan keinginannya untuk merekrut pekerja asal Indonesia.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengungkapkan kalau Serbia tertarik untuk merekrut pekerja-pekerja asal Indonesia untuk bekerja di beragam sektor.

"Tadi juga dibahas mengenai keinginan Serbia untuk dapat mengambil tenaga kerja semi Skilled dari Indonesia dan beberapa bidang pekerjaan yang kemungkinan dapat kita isi adalah konstruksi, food beverages dan hotelier," kata Retno usai pertemuan.

Selain perekrutan tenaga kerja, pertemuan antara Menlu Nikola dengan Jokowi juga membahas soal beragam kerjasama. Pertama, Serbia akan tetap berkomitmen untuk mengeskpor gandum ke Indonesia meskipun di tengah kondisi yang sulit.

Baca Juga: Jokowi: 85 Juta Penduduk Asia Pasifik Kembali Masuk Jurang Kemiskinan Ekstrem

"Sore ini akan ada pembicaraan antara menteri luar negeri Serbia dengan pihak swasta BUMN Indonesia mengenai ekspor gandum," jelasnya.

Kemudian, Serbia dan Indonesia juga membahas soal ekspor kelapa sawit atau Crude Palm Oil atua CPO. Peningkatan tampak terlihat dalam jumlah ekspor CPO tersebut.

"Saat ini impor CPO Serbia dari Indonesia jumlahnya atau presentasenya sudah mencapai 30 persen, jadi 30 persen impor CPO Serbia dari luar adalah CPO dari Indonesia," tuturnya. 

Komentar