facebook

5 Fakta Mahasiswa Demo Teriaki Jokowi 'Bebek Lumpuh', Apa Maknanya?

Ruth Meliana Dwi Indriani
5 Fakta Mahasiswa Demo Teriaki Jokowi 'Bebek Lumpuh', Apa Maknanya?
Aksi massa mahasiswa Aliansi Nasional Reformasi KUHP (Suara.com/Yaumal)

Massa aksi mahasiswa yang mendesak pemerintah membuka naskah Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) teriaki Jokowi 'Bebek Lumpuh.' Simak fakta selengkapnya

Suara.com - Demo mahasiswa untuk  mendesak pemerintah membuka naskah Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2022) diwarnai dengan seruan 'Bebek Lumpuh' yang dialamatkan ke Presiden Jokowi.

Adapun Massa Aliansi Nasional Reformasi KUHP tersebut meneriaki sang presiden dengan julukan tersebut dalam orasi yang disampaikan oleh salah satu ketua BEM yang tergabung dalam massa aksi tersebut.

Apa makna dari seruan 'Bebek Lumpuh' yang ditujukan kepada presiden Jokowi tersebut? Simak jawabannya dalam deretan fakta berikut.

1. Demo sebagai 'hadiah' ulang tahun Pak Jokowi

Baca Juga: Mahasiswa Tuntut Pemerintah Buka Naskah RKUHP, KSP: Inikan Lagi Diperbaiki

Demo yang dihadiri oleh lautan massa aksi mahasiswa tersebut ditujukan sebagai 'hadiah' ulang tahun kepada sang presiden. Adapun demo tersebut digelar bertepatan dengan hari ulang tahun Jokowi yang jatuh pada 21 Juni.

Demo tersebut dibalut dengan tajuk "Hadiah Ulang Tahun Presiden Jokowi: Somasi RKUHP."

2. Dikomandoi oleh Ketua BEM UI

Demo 'hadiah' ultah Jokowi tersebut diwarnai dengan teriakan 'Jokowi Bebek Lumpuh.' Seruan tersebut menggema usai Ketua BEM Universitas Indonesia, Bayu memberikan orasi yang menyebut sang presiden sebagai 'Bebek Lumpuh.'

3. Ternyata istilah ilmu politik

Baca Juga: Rekomendasi 3 Laptop Merek Lokal Axioo Murah Tahun 2022

Bayu sontak menjelaskan apa arti dari 'Bebek Lumpuh' yang dialamatkan pada Jokowi tersebut. Ia menjelaskan bahwa seruan tersebut merupakan istilah dalam ilmu politik.

"Jadi argumentasi saya, terkait orasi saya mengatakan Bapak Presiden Jokowi sebagai bebek lumpuh, adalah berdasarkan suatu teori politik, yaitu Lame Duck teori," kata Bayu kepada wartawan usai berunjuk rasa.

4. Pernah dialamatkan pada Barack Obama

Jokowi tak seorang diri, sebab istilah tersebut pertama kali muncul untuk mengkritik pemerintahan presiden Amerika Serikat Barack Obama.

"Jadi dalam teori dikatakan bahwa pemerintahan yang tidak lagi membutuhkan legitimasi masyarakatnya, kerap mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang tidak populis," papar Bayu menjelaskan latar belakang istilah 'Bebek Lumpuh' saat pemerintahan Obama.

5. Alasan istilah 'Bebek Lumpuh' dialamatkan ke Jokowi

Bayu kemudian menjelaskan mengapa istilah 'Bebek Lumpuh' tersebut digunakan untuk menyindir Jokowi. Alasan yang ia sampaikan adalah lantaran Jokowi dinilai menerapkan pemerintahan yang tidak populis.

"Lalu juga tentang RUU KPK, lalu juga tentang pembangunan Ibu Kota Negara, lalu pada hari ini tentang RKUHP. Itulah yang membuktikan bahwa kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintahan Jokowi saat ini adalah kebijakan yang tidak populis," kata Bayu.

Kontributor : Armand Ilham

Komentar