facebook

Sedihnya Lihat Hunian Warga Ukraina Rusak Karena Perang, Jokowi: Dinding dan Atap Terkoyak Peluru

Ria Rizki Nirmala Sari
Sedihnya Lihat Hunian Warga Ukraina Rusak Karena Perang, Jokowi: Dinding dan Atap Terkoyak Peluru
Iriana Jokowi turut mendengarkan penjelasan dari Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin di kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina, Rabu (29/6/2022). (Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi melihat langsung kerusakan rumah-rumah dan infrastruktur akibat perang.

Suara.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi merasakan kesedihan ketika mengamati kondisi Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Ia melihat hunian warga Ukraina yang rusak akibat perang dengan Rusia.

Kunjungannya tersebut kemudian diunggah Jokowi melalui akun Instagramnya. Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi melihat langsung kerusakan rumah-rumah dan infrastruktur akibat perang.

"Di belakang saya ini adalah Apartemen Lipky yang hancur akibat perang. Dinding-dinding dan atapnya terkoyak oleh peluru," kata Jokowi melalui akun @jokowi pada Rabu (29/6/2022).

Bukan hanya sekedar meninjau, sesekali Jokowi berdialog dengan Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin. Dalam kesempatan yang sama, Kepala Negara berharap perang Ukraina dan Rusia bisa segera dihentikan.

Baca Juga: Terus Dibombardir Rusia, Warga Sipil Ukraina yang Tewas Sudah Mencapai 4.700 Orang

Jokowi tidak mau melihat ada rumah-rumah warga Ukraina lainnya yang menjadi korban atas berlangsungnya perang.

"Semoga perang ini bisa segera dihentikan dan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak."

Di Ukraina, Jokowi juga bakal bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky. Pada pertemuan tersebut, Jokowi mendorong Presiden Zelensky untuk membuka ruang dialog dengan Rusia.

"Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelensky untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian. Karena memang perang harus dihentikan," kata Jokowi dalam pernyataan pers.

Setelah ke Ukraina, Kepala Negara akan bertolak menuju Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Maksud dari pertemuannya itu ialah untuk meminta Rusia menghentikan perang.

Baca Juga: Sunny Tanuwidjaja Mundur dari PSI karena Ingin Bantu Anies Baswedan, Grace Natalie: Penggantinya Bro Raja Juli Antoni

"Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang."

Komentar