facebook

Apakah Warga di Luar 11 WIlayah Uji Coba Juga Wajib Mendaftar Aplikasi MyPertamina?

Farah Nabilla
Apakah Warga di Luar 11 WIlayah Uji Coba Juga Wajib Mendaftar Aplikasi MyPertamina?
Salah satu warga saat mengunjungi booth sosialisasi MyPertamina di SPBU Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Jumat (1/7/2022). [Sukabumiupdate.com/Riza]

Pemerintah melakukan uji coba pembelian BBM bersubsidi melalui aplikasi di 11 wilayah. Lantas apakah warga di luar 11 wilayah tersebut wajib mendaftar di MyPertamina?

Suara.com - Pemerintah resmi memberlakukan uji coba pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi melalui aplikasi MyPertamina di 11 wilayah yang tersebar di 5 Provinsi. Lantas apakah warga di luar wilayah uji coba juga wajib mendaftar MyPertamina?

Mulai 1 Juli 2022, masyarakat yang ingin membeli BBM bersubsidi seperti pertalite dan solar, wajib mendaftar di MyPertamina. Pendaftaran bisa melalui aplikasi yang diunduh melalui google play store atau melalui laman https://subsiditepat.mypertamina.id/

Uji coba tersebut dilakukan di 11 kota yang tersebar di 5 provinsi. Kota-kota tersebut yakni, Kota Bukit Tinggi, Kab. Agam, Kota Padang Panjang, Kab. Tanah Datar, Kota Banjarmasin, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, Kota Manado, Kota Yogyakarta, dan Kota Sukabumi.

Pertamina melalui Pjs Corporatenya, Patra Irto Ginting mengatakan, 11 wilayah tersebut dipilih sebagai lokasi uji coba pembelian BBM bersubsidi dengan skema baru, karena mempertimbangkan sejumlah aspek.

Baca Juga: Bingung Daftar MyPertamina, Sejumlah Warga Penuhi Stan Konsultasi di SPBU Giwangan

Diantaranya adalah karakteristin daerah tersebut yang dekat dengan daerah pertambangan dan industri. Selain itu, 11 daerah tersebut dinilai telah siap secara infrastruktur.

"Serta (mempertimbangkan) angkutan atau transportasi umum dan juga kesiapan daerahnya," kata Irto Ginting beberapa waktu lalu.

Karena wilayah uji coba telah ditetapkan, maka Pertamina mengimbau masyarakat pengguna Pertalite dan SOlar di 11 wilayah tersebut segera menaftar di aplikasi My Pertamina.

Lantas bagaimana dengan warga yang berada di luar 11 wilayah uji coba tersebut? apakah mereka diwajibkan untuk mendaftar MyPertamina juga?

Hingga kini belum ada kebijakan untuk mewajibkan masyarakat diluar 11 wilayah uji coba untuk mendaftar di MyPertamina.

Baca Juga: 2 Cara Daftar MyPertamina untuk Beli BBM Subsidi di SPBU

Namun Pertamina mengimbau agar masyaralat di luar 11 wilayah tersebut ikut mendaftar di MyPertamina. Sebab menurut dia, hal tersebut akan berguna jika suatu saat warga di luar wilayah uji coba pergi berkunjung ke wilayah uji coba.

Komentar