facebook

Bacaan Doa Buka Puasa Dzulhijjah 2022 Hari Ini, Bacalah di Waktu Berbuka Puasa

Chyntia Sami Bhayangkara
Bacaan Doa Buka Puasa Dzulhijjah 2022 Hari Ini, Bacalah di Waktu Berbuka Puasa
Ilustrasi puasa - doa buka puasa dzulhijjah 2022 (Rawpixel)

Selain mengetahui bacaan niat, kita juga harus tahu bacaan doa buka puasa Dzulhijjah 2022.

Suara.com - Seperti yang telah diketahui, bahwa pemerintah telah menetapkan awal Dzulhijjah adalah tanggal 1 Juli 2022 dan Idul Adha pada tanggal 10 Juli 2022. Itu artinya, hari Jumat 1 Juli 2022 merupakan hari pertama melangsungkan puasa sunnah Dzulhijjah. Lantas, seperti apa bacaan doa buka puasa Dzulhijjah 2022?

Puasa sunnah Dzulhijjah dilakukan tanggal 1-7 bulan Dzulhijjah, sedangkan tanggal 8 umat Islam akan melaksanakan puasa Tarwiyah. Kemudian, tanggal 9 umat Islam akan melangsungkan puasa Arafah serta tanggal 10 Dzulhijjah umat islam melangsungkan Lebaran Haji atau Idul Adha. Setelah seharian menjalani puasa dzulhijjah 2022, jangan lupa untuk membaca doa puasa Dzulhijjah 2022 berikut.

Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Sebelum mengetahui bacaan doa buka puasa Dzulhijjah 2022, simak dulu keutamaan puasa Dzulhijjah. Keutamaan puasa di bulan Dzulhijjah ini sesuai sabda Rasulullah SAW, yang tertuang di dalam tertuang pada hadis Ibnu 'Abbas:

Baca Juga: Apa Saja Amalan 10 Hari Pertama Dzulhijjah? Ini Daftarnya

"Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah)".

Amalan puasa di bulan Dzulhijjah dilaksanakan oleh Rasulullah SAW. Dari Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Nabi Muhammad SAW menyampaikan:

"Rasulullah SAW biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijjah, pada hari Asyura (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya".

Niat Puasa Dzulhijjah

Berikut ini adalah bacaan niat puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah yang perlu diketahui:

Baca Juga: Apakah Puasa Dzulhijjah Harus 9 Hari Berturut-turut?

- Niat puasa Dzulhijjah: "Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala". Artinya: "Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala".

Komentar