facebook

7 Amalan di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah, Allah Ampuni Dosa Manusia

Farah Nabilla
7 Amalan di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah, Allah Ampuni Dosa Manusia
amalan 10 hari pertama bulan dzulhijjah (Freepik)

Sepuluh hari pertama bulan Dzuhijjah merupakan saat-saat dimana pahala melimpah. Karena itulah umat muslim dianjurkan melakukan amalan di awal bulan tersebut.

Suara.com - Umat islam di dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah atau 10 Juli 2022 mendatang. Apa saja amalan 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah yang bisa kita laksanakan?

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang memiliki keistimewaan dan kemuliaan, dimana di dalamnya diyakini ada sejumlah amalan sunnah yang bernilai pahala.

Amalan bulan Dzulhijjah tersebut disebutkan dalam sebuah hadis Nabi Muhammad SAW, yakni yang pernah diriwayatkan oleh Al-Bukhari, rahimahullah, dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu: Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya: Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun“.

Dan berikut adalah sejumlah amalan sunnah yang dianjurkan pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah:

Baca Juga: Niat Puasa Dzulhijjah 9 Hari Pertama, Bacalah Malam Ini Sebelum Tidur!

1. Melakukan ibadah haji dan umrah

Amalan yang paling utama dilakukan pada bulan Dzulhijjah adalah melakukan ibadah haji dan umrah. Bahkan dalam salah satu hadisnya, Nabi Muhammad menyatakan, jika dikerjakan, maka amalan ini akan diganjar dengan surga.

 Sabda Rasullullah: “Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah Surga.

2. Berpuasa pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijah, diutamakan puasa Arafah

Ada sejumlah hadis Nabi Muhammad SAW mengenai keutaaman puasa di bulan Dzulhijjah, yakni:

Baca Juga: Bolehkah Puasa Dzulhijjah Tidak Full 9 Hari? Ini Hukumnya

  • Hadis Qudsi : “Puasa ini adalah untuk-Ku, dan Aku lah yang akan membalasnya. Sungguh dia telah meninggalkan syahwat, makanan dan minumannya semata-mata karena Aku“.
  • Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri, “Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama tujuh puluh tahun“. [Hadits Muttafaqun ‘Alaih].
  • Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Qatadah rahimahullah bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya”

3. Melakukan takbir dan dzikir

Komentar