facebook

Siapa Pengganti Menpan RB usai Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia?

Chyntia Sami Bhayangkara
Siapa Pengganti Menpan RB usai Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia?
Siapa Pengganti Menpan RB Tjahjo Kumolo (ANTARA)

Siapa Pengganti Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia?

Suara.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif beberapa hari lalu. Tjahjo Kumolo dikabarkan meninggal dunia hari ini Jumat (1/7/2022) pukul 11.00 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta. Labtas siapa pengganti Menpan RB, posisi yang diduduki Tjahjo Kumolo semasa hidupnya?

Perlu diketahui, Tjahjo Kumolo menjalani perawatan setelah mengalami infeksi paru-paru. Selama Tjahjo Kumolo dirawat di rumah sakit selama dua minggu.  Siapa pengganti Menpan RB? Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD sebagai pengganti atau Menpan RB ad-interim.

Lalu siapa pengganti Menpan RB setelah sepeninggalannya Tjahjo Kumolo?

Penunjukkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo. Menurut Menkopolhukam Mahfud MD, Presiden Jokowi akan menunjuk pengganti Menpan RB dalam waktu dekat.

Baca Juga: Ini Penyebab Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Kenali Gejala Infeksi Paru-paru

”Nanti tentu presiden akan mengambil keputusan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujar Mahfud MD pada  Jumat (1/7/2022).

Dalam mengisi kekosongan sementara, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Mahfud MD sebagai Menpan RB secara ad-interim.

Mahfud MD meyakini bahwa Presiden Jokowi telah memiliki banyak pertimbangan untuk menentukan siapa  pengganti Menpan RB yang diduduki Tjahjo Kumolo.

Sebagai informasi, Tjahjo Kumolo merupakan politikus senior PDIP yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal. Tjahjo memilih mundur dari posisinya setelah dipilih Presiden Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri pada tahun 2014 silam.

Tjahjo Kumolo juga kembali dipercaya oleh Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Menpan RB untuk periode 2019 - 2024. 

Baca Juga: Tiba di Indonesia, Jokowi dan Iriana Takziah ke Rumah Duka Tjahjo Kumolo

Presiden Jokowi menyampaikan duka cita atas meninggalnya Tjahjo Kumolo. Bahkan ia menyebut Tjahjo Kumolo berpulang pada puncak pengabdiannya sebagai Menpan RB melalui cuitan Twiter.

Komentar