facebook

Perbedaan Haji Furoda dan Haji Plus dari Harga hingga Fasilitas yang Diperoleh

Rifan Aditya
Perbedaan Haji Furoda dan Haji Plus dari Harga hingga Fasilitas yang Diperoleh
Perbedaan Haji Furoda dan Haji Plus dari Harga hingga Fasilitas yang Diperoleh - Ilustrasi Kakbah, Makkah, Mekkah, haji, tawaf, jemaah haji (Pixabay)

Sudah tahukah Anda perbedaan haji furoda dan haji plus ini?

Suara.com - Terdapat berbagai macam paket haji yang ditawarkan oleh jasa travelling kepada umat Islam. Dua di antaranya adalah haji furoda dan haji plus. Sudah tahukah Anda perbedaan haji furoda dan haji plus ini?

Berikut ulasan perbedaan antara haji furoda dan haji plus.  Kita ketahui perbedaan haji furoda dan haji plus satu per satu dari definisi masing-masing di bawah ini.

Haji Furoda

Haji furoda singkatnya dikenal sebagai haji tanpa antri. Dikutip dari laman hajifuroda.id, jamaah haji akan berangkat haji furoda menggunakan Visa Haji Mujamalah atau dikenal dengan Visa Haji Furoda dari pemerintah Arab Saudi.

Baca Juga: Tiga Hari Jelang Armuzna, Jemaah Diminta Istirahat: Jangan Lelah dan Stres

Haji Furoda terkenal sebagai solusi aman dan nyaman untuk beribadah, di mana jamaah tidak perlu khawatir untuk berurusan dengan pihak-pihak hukum. 

Biaya haji furoda sangat tinggi. Melihat yang tertera di laman hajifuroda.com saja, biaya keberangkatan mencapai $ 15.500, setara dengan Rp 231,9 juta.

Fasilitas haji furoda untuk jamaah yang ditawarkan antara lain:

  • Paket Haji Furoda 2023 sesuai Masyair
  • Visa Haji Furoda/Mujamalah (Resmi)
  • Terdaftar di e-hajj online Saudi Arabia
  • Langsung Berangkat Tanpa Antri
  • Pesawat Qatar Airways Landing Jeddah
  • Hotel Mekah/Madinah sesuai Masyair
  • Maktab sesuai Masyair- Hotel/Apartemen Transit sesuai Masyair
  • 25-27 hari (incl 2 H perjalanan)

Haji Plus

Sementara itu, haji plus adalah jamaah haji berangkat haji dengan layanan bersifat khusus. Dikutip dari laman haj.plus, Paket haji plus adalah haji khusus kuota resmi Kementerian Agama RI. Tidak seperti haji furoda yang tidak mengalami masa tunggu, haji plus tetap ada masa tunggunya sekitar 5 sampai 9 tahun. 

Baca Juga: DPR Imbau Jemaah Haji Indonesia Fokus Jaga Stamina Jelang Puncak Haji

Berikut informasi biaya haji plus dari laman haji.plus, biaya haji plus 2023 adalah 9.000 USD /pax atau setara dengan Rp 134,7 juta. Fasilitas haji plus yang diperoleh:

Komentar