facebook

Hukum Doa Qunut Subuh Sunnah atau Wajib?

Rifan Aditya
Hukum Doa Qunut Subuh Sunnah atau Wajib?
Ilustrasi sholat, hukum doa qunut subuh (Pexels)

Apa hukum doa qunut subuh? Berikut ini ulasannya lengkap dengan bacaan latin, arti, cara membaca, dan manfaatnya

Suara.com - Saat melaksanakan sholat subuh, sebagian umat muslim ada yang menggunakan qunut subuh dan ada juga yang tidak menggunakannya. Lantas, apa hukum doa qunut subuh? Berikut ini ulasannya lengkap dengan bacaan latin, arti, cara membaca, dan manfaatnya.

Diketahui, Qunut diambil dari bahasa arab qonata yang berarti taat atau tunduk patuh. Hal ini tertuang dalam Surat Ar-Rum ayat 26 yang berbunyi sebagai berikut: 

Wa lahu man fis-samawati wal-ara, kullul lahu qanitun

Artinya: “Dan kepunyaan-Nya lah siapa saja yang ada di langit dan di bumi. Semuanya hanya kepada-Nya tunduk,” 

Baca Juga: Makna Doa Qunut Serta Jenisnya yang Disyariatkan Nabi Muhammad

Lantas, apa hukum doa qunut subuh? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini ulasan mengenai hukum membaca qunut subuh lengkap dengan bacaan latin, arti, cara membaca, dan manfaatnya.

Hukum Membaca Qunut Subuh

Hukum doa qunut subuh ini menurut Madzhab Syafi'i dan Maliki adalah sunnah. Hal ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Ahmad yang bunyinya sebagai berikut:

“Nabi Muhammad senantiasa melakukan qunut pada sholat subuh sampai beliau meninggalkan dunia,” 

Hanya saja, untuk madzhab Maliki, qunut subuh dilakukan sebelum ruku’. Jika lupa membacanya, tidak dianjurkan melakukan sujud sahwi Sedangkan menurut madzhab Syafi’i, dilakukan usai ruku. Jika lupa membacanya, dianjurkan untuk melakukan sujud sahwi.

Baca Juga: Bagaimana Bacaan Doa Qunut Subuh Sendiri? Berikut Tulisan Latin dan Artinya

Namun menurut mazhab Hanafi dan Hanbali, doa qunut subuh tidak dianjurkan. Hal ini sesuai dengan hadist Rasululluah SAW yang diriwayatkan Imam Muslim yang berbunyi sebagai berikut:

“Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak berqunut saat sholat fajar (sholat subuh), kecuali ketika mendoakan kebaikan atau keburukan untuk suatu kaum”. 

Bacaan Qunut Subuh Latin Dan Artinya

Berikut ini bacaan doa qunut subuh latin dan artinya yang bisa diamalkan usai rukuk pada rakaat kedua sholat subuh.

Allahhummahdinii fiiman hadait, wa'a finii fiman 'aafait, wa tawallanii fiiman tawal-laiit, wa baarik lii fiimaa a'thait, wa qinii syarra maa qadhait.

Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik, wa innahu laayadzilu man walait, wa laa ya'izzu man 'aadait, tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.

Falakalhamdu 'alaa maaqadhait, Astaghfiruka wa'atuubu ilaik, Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi wasallam.

Artinya:

“Ya Allah tunjukkanlah padaku sebagaimana pada mereka yang telah Engkau beri petunjuk, dan berilah padaku pengampunan sebagaimana pada mereka yang Engkau beri ampun, dan peliharalah aku sebagaimana pada mereka yang Engkau pelihara, dan berilah padaku keberkatan sebagaimana yang telah Engkau karuniakan pada merek, dan selamatkan aku dari mara bahaya yang telah Engkau tentukan.

Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan yang kena hukum, maka sesungguhnya tidaklah hina pada mereka orang yang Engkau pimpin, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi, Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau.

Maka bagi Engkau segala puji atas yang Engkau hukumkan, aku mohon ampun kepada Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau, dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

Cara Membaca Doa Qunut Subuh

Melansir dari situs NU online, berikut ini tata cara membaca doa qunut subuh saat sholat sendiri dan saat sholat berjamaah yang perlu diperhatikan.

Doa Qunut Subuh Sendiri

  1. Bacaan Doa qunut subuh dilakukan saat rakaat kedua sholat subuh
  2. Doa qunut subuh dibacakan usai ruku pada rakaat kedua sholat subuh dengan mengangkat tangan
  3. Bacaan doa qunut subub dilantunkan dengan suara pelan
  4. Bacaan doa qunut subuh menggunakan lafal 'ihdini' (berilah aku petunjuk).

Doa qunut subuh berjamaah

  1. Doa qunut subuh dibacakan pada raakat kedua sholat subub usai ruku
  2. Imam dan makmum mengangkat kedua tangan saat doa qunut subuh dibacakan
  3. Bacaan doa qunut subuh dibacakan oleh imam dengan suara yang bisa didengar oleh makmum
  4. Makmum mengaminkan doa qunut yang dibaca imam
  5. Bacaan doa qunut menggunakan lafal 'ihdina' (berilah kami petunjuk).

Manfaat Doa Qunut Subuh

Setiap muslim disunahkan untuk membaca doa qunut saat shalat subuh. Anjuran baca qunut dalam shalat ini tercantum dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Muslim sebagai berikut.

“Shalat yang paling utama adalah shalat yang panjang (bacaan) qunutnya.”

Selain itu, membaca qunut juga memiliki beberapa manfaat. Adapun manfaat doa qunut yakni sebagai berikut.

1. Diberikan Petunjuk

Salah satu manfaat doa qunut yakni Allah SWT mempermudah urusan serta diberikan petunjuk. Adapun petunjuk yang dimaksud di dalam doa qunut yaitu hidayah dan pengampunan dosa dari Allah SWT.

2. Diberikan Perlindungan Dunia & Akhirat

Baca doa qunut memiliki manfaat lainnya yaitu diberikan perlindungan dari segala bahaya di dunia maupun akhirat. Qunut juga jadi salah satu cara untuk kita berlindung kepada Allah SWT serta memohon karunianya.

3. Dijaga dari Serangan Penyakit Hati

Dibanding penyakit fisik, penyakit hati ini paling menyeramkan karena dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Namun, dengan mengamalkan doa qunut, Anda akan memperoleg manfaat terhindar dari serangan penyakit hati.

4. Diberikan Pengampunan & Rahmat-Nya

Membaca soa qunut bisa jadi salah satu cara untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Dengan membaca qunut, diharapkan Allah SWT melimpahkan rahmat dan kedamaian agar menjalanu hidup lebih baik.

Demikian ulasan mengenai hukum doa qunut subuh lengkap dengan bacaan latin, arti, hukum, cara membaca, dan manfaatnya.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar