Doa Tahajud Latin dan Artinya, Beserta Niat dan Tata Caranya

Chyntia Sami Bhayangkara
Doa Tahajud Latin dan Artinya, Beserta Niat dan Tata Caranya
Ilustrasi sholat - doa tahajud (pexels)

Solat Tahajud salah satu solat sunnah yang dikerjakan pada malam hari selepas tidur. Nah berikut ini bacaan doa tahajud lengkap dengan niat, tata cara, dan surat yang dibaca.

Suara.com - Sholat Tahajud salah satu sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari selepas tidur. Sholat tahajud memiliki pahala yang besar. Untuk selengkapnya, simak berikut ini bacaan doa tahajud lengkap dengan niat, tata cara, dan surat yang dibaca.

Tahajud diambil dari kata 'hujud' yang artinya tidur. Sholat tahajud disebut juga salat malam atau Qiyamul Laili. Meski demikian, sholat malam dan hsolat tahajud ini berbeda.

Pasalnya, sholat malam ini dikerjakan pada awal malam yang dikenal dengan sebutan Qiyamul Laili. Sedangkan sholat tahajud dilaksanakan pada tengah malam.

Sholat Tahajud juga memiliki banyak keutamaan. Adapaun keutamaan melaksanakan sholat tahajud juga termaktub dalam Alqur'an surat Al Isra ayat 79 yang berbunyi sebagai berikut:

Baca Juga: Tata Cara Sholat Subuh Tanpa Doa Qunut, Perhatikan Baik-baik!

Wa minal-laili fa tahajjad bihi nafilatal laka 'asa ay yab'asaka rabbuka maqamam mahmuda

Artinya: "Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji."

Lantas, bagaimana bunyi bacaan doa tahajud? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini rangkuman bacaan doa tahajud lengkap dengan niat, tata cara, dan surat yg dibaca.

Niat Solat Tahajud

Ushallii sunnatan tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla

Baca Juga: Niat Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2022, Kapan Mulai Berpuasa?

Artinya: "Aku menyengaja sholat sunah tahajud dua rakaat karena Allah ta'ala."

Tata Cara Solat Tahajud dan Surat yang Dibaca

Untuk melaksanakan solat tahajud yang benar dan sah, tentu tata cara pelaksanaan solatnya juga harus sesuai. Adapun tata cara solat tahajud yang perlu diperhatikan yakni sebagai berikut.

  1. Niat
  2. Takbiratul Ihram
  3. Membaca doa iftitah
  4. Membaca AlfatihahBaca surat pendek atau ayat tertentu dalam Alquran
  5. Rukuk
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Duduk antara 2 sujud
  9. Sujud
  10. Berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua dengan tahapan seperti rakaat pertama
  11. Setelah sujud terakhir, duduk tasyahud akhir
  12. Baca Tahiyyaat akhir pada rakaat terakhir
  13. Baca sholawat Nabi pada takhiyat akhir
  14. Salam

Untuk bacaan surat pendek solat tahajud, kamu bisa baca surat Al Ikhlas, Al Falaq, Annas, Al Humazah, dan Ayat Kursi. 

Doa Tahajud 

Selesai sholat tahajud, dianjurkan untuk baca doa. Adapun bacaan doa tahajud yakni sebagai berikut.

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqu, wa annaqunqunquwqal haqquy Muhammadun shallallahu 'alaihi wa sallama haqquw wassaa'atu haqq.

Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa 'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu wa maa anta ahiminilamu. antal muqoddimu wa antal mu'akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya:

"Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya.  Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.

Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah."

Untuk waktu solat tahajud ini dilakukan selepas tidur pada malam hari. Adapun waktu terbaik untuk melaksanakan solat tahajud yaitu pada waktu sepertiga ketiga sekitar pukul 1 dini hari hingga masuknya waktu subuh.

Demikian ulasan mengenai bacaan doa tahajud lengkap dengan bacaan niat, tata cara, dan surat yang dibaca. Apakah kamu sudah mengamalkan solat tahajud?

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar