4 Amalan Maulid Nabi SAW: Shalawat, Sedekah hingga Dzikir

Rifan Aditya
4 Amalan Maulid Nabi SAW: Shalawat, Sedekah hingga Dzikir
amalan Maulid Nabi - Ilustrasi kaligrafi nama Nabi Muhammad berbentuk hati. (Shutterstock)

Pada Hari Maulid Nabi 12 Rabbiul Awal 1444 H atau 8 Oktober 2022, dianjurkan untuk melalukan banyak amalan baik. Adapun beberapa amalan Maulid Nabi yakni sebagai berikut.

Suara.com - Maulid Nabi 2022 sebentar lagi akan diperingati umat Muslim pada 12 Rabbiul Awal. Tahun ini, Hari Maulid Nabi bertepatan dengan tanggal 8 Oktober 2022. Pada Hari tersebut, dianjurkan untuk melalukan banyak amalan baik. Adapun beberapa amalan Maulid Nabi yakni sebagai berikut.

Diketahui, Maulid Nabi merupakan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabbiul Awal Tahun Gajah atau 571 M. Dalam upaya memperingati hari istimewa dan dalam catatan sejarah Islam tersebut, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan. 

Amalan-amalan Maulid Nabi

Untuk selengkapnya, berikut ini beberapa amalan Maulid Nabi yang bisa diamalkan umat Muslim. 

Baca Juga: 17 Tema Acara Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW

1. Perbanyak Shalawat

Pada perayaan Maulid Nabi SAW pada 12 Rabbiul Awal 1444 H atau 8 Oktober 2022, setiap umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak melantunkan shalawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Hal ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Ahmad, bunyi hadistnya seperti berikut ini:

"Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya.” (HR Imam Ahmad)

2. Perbanyak Sedekah 

Sedekah adalah salah satu amalan yang juga dianjurkan Rasulullah SAW untuk diamalkan pada peringatan Hari Maulid Nabi maupun kehidupan sehari-hari. Bersedekah dapat membantu membuka pintu rezeki. Ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang bunyinya sebagai berikut:

Baca Juga: Maulid Nabi 2022 Tanggal Berapa? Simak Amalan dan Jadwalnya di Awal Oktober

"Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.'" (HR. Imam Muslim)

3. Berdzikir

Rasulullah SAW mengajarkan agar selalu berdzikir dalam kondisi apapun dan dimanapun. Dengan berdzikir, makankita akan mendapat perlindungan Allah SWT. Ini tercantum dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 41 - 42 yang bunyinya sebagai berikut:

"Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzab: 41 - 42)

4. Shalat Sunnah

Dianjurkan juga untuk melakukan shalat sunnah pada peringatan Hari Maulid Nabi. Adapun shalat sunnah yang bisa diamalkan yaitu shalat Dhuha, shalat Tahajud, Shalat Hajat, dan shalat sunnah lainnya.

Demikian ulasan mengenai beberapa amalan Maulid Nabi yang bisa diamalkan umat Muslim. Selain amalan-amalan yang disebutkan atas, saat Hari Maulid Nabi juga kita bisa lebih meresapi ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW dan melanjutkan perjuangannya.  

Kontributor : Ulil Azmi