Dear Bu Puan, Begini Cara Menanam Padi yang Benar Ala Wong Cilik Sesungguhnya

Farah Nabilla
Dear Bu Puan, Begini Cara Menanam Padi yang Benar Ala Wong Cilik Sesungguhnya
Puan Maharani tanam padi jalan maju bersama petani di sawah. (Twitter/ardianpancaa)

Bu Puan Maharani bikin publik meringis karena menanam padi dengan langkah maju. Simak dulu cara menanam padi dengan benar ala petani.

Suara.com - Ketua DPR RI Puan Maharani kini viral gara-gara tertangkap kamera menanam padi bersama beberapa petani di sebuah sawah di suatu daerah.

Alih-alih mendapatkan pujian atas aksinya tersebut, Puan justru menjadi bulan-bulanan warganet gegara menanam dengan langkah maju, bukan mundur!

Kini, video Puan menanam padi tersebut tersebar luas dan dibanjiri oleh kritik pedas dari warganet. Mayoritas dari mereka melayangkan kritik kepada Puan yang menanam padi dengan cara melangkah maju ke depan.

"Wkwkwkkw akhirnya petani bisa maju juga," sindiri seorang warganet via Twitter sembari menggungah video Puan menanam padi, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga: Survei: Usung Puan Maharani Bikin Suara PDIP Ambles, Jika Pilih Ganjar Elektabilitas Naik

"Baru tahu sekarang cara nanem padi dengan cara maju gini ," timpal lainnya.

Berkaca dari 'kesalahan' sang ketua DPR RI, bagaimana teknik menanam padi yang tepat? Berikut penjelasannya.

Menanam padi dengan teknik nandur: Nanam mundur

Konon, istilah menanam dalam bahasa Jawa yakni nandur merupakan singkatan dari nanam nata lan mundur (menanam rapih dan dilakukan melangkah mundur). Teknik tersebut berlawanan dengan yang dilakukan Puan dalam cuplikan video tersebut.

Bukan cuma diartikan secara harafiah, ada filosof khusus kenapa nandur alias nanam padi harus mundur. Hal ini dilakukan agar bibit-bibit padi yang sudah ditancapkan ke tanah berair tidak terinjak kaki lagi. Yah, mirip-mirip seperti saat kita ngepel lantai agar bagian yang sudah rapi nggak kotor atau berantakan lagi.

Baca Juga: Ungkit Aksi Jokowi Lempar Kaos, Politisi PDIP Bela Puan Gegara Jutek: Dia juga Manusia, Mungkin Lelah

Selain itu, berikut penjelasan tata cara dan teknik menanam padi sebagaimana yang dijelaskan melalui laman resmi pemerintah kelurahan Bawuran, Bantul, Yogyakarta.