Bacaan Doa Hujan Deras Lengkap dengan Artinya, Pesan Rasulullah SAW Ini Perlu Diteladani!

Rifan Aditya
Bacaan Doa Hujan Deras Lengkap dengan Artinya, Pesan Rasulullah SAW Ini Perlu Diteladani!
doa hujan deras - Ilustrasi hujan deras (Unsplash)

Pada saat hujan turun, salah satu hal yang selalu dianjurkan kepada umat Islam adalah berdoa kepada Allah SWT.

Suara.com - Fungsi doa bukan hanya mensyukuri atas berbagai hal yang telah diberikan, tapi juga memohon perlindungan dari Allah SWT. Maka dari itu ketika turun hujan deras, umat muslim juga perlu berdoa. Bagaimana doa hujan deras yang dapat kita baca?  

Ternyata, fenomena tentang hujan telah disebutkan di dalam Al-Quran dan dapat diuraikan dalam kajian sains? Proses turunnya hujan disebutkan dalam surat An-Nur ayat 43, di mana ayat tersebut menjelaskan tentang proses hujan turun.

Pada saat hujan turun, salah satu hal yang selalu dianjurkan kepada umat Islam adalah berdoa kepada Allah SWT. Bukan hanya berdoa karena hujan telah turun. Namun Rasulullah SAW juga berpesan, agar umat manusia juga memanfaatkan hujan sebagai peristiwa penting untuk memanjatkan doa.

Mengapa demikian? Sebab, jika kita berdoa di kala hujan, maka rentang waktu ini merupakan saat-saat berdoa yang paling mustajab.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Jakarta dan Doa Harian Ramadhan Sebulan Penuh

Berikut ini adalah bacaan doa turun hujan, lengkap dengan terjemahannya. Doa ini termasuk doa yang paling umum dibaca ketika turun hujan, berikut bacaan doanya:

"Allahumma shoyyiban nafi’an", yang artinya: "Ya Allah turunkanlah kepada kami hujan yang memberi manfaat".

Bacaan Doa Hujan Lebat

Ketika kita takut saat hujan turun dengan lebat, maka bacalah doa turun hujan berikut ini:

"Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wad-dhiraabi, wa buthunil auwdiyati, wa manabitis-syajari".

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Ramadan untuk Wilayah Jawa Tengah Tanggal 28 Maret 2023

Artinya: "Ya Allah, turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah, curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan".

Bacaan Doa Hujan Deras dan Angin Kencang

Ketika turun hujan disertai dengan angin kencang, doa yang perlu dibaca adalah seperti hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Bahwa Rasulullah SAW selalu membaca doa ini ketika turun hujan disertai dengan angin kencang.

"Allohumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’udzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih".

Artinya: "Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan dari angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau datangkan bersamanya. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya".

Bacaan Doa Hujan Disertai Petir

Apabila hujan turun disertai dengan petir, maka bacalah doa seperti yang tertulis dalam hadis Imam Malik, bahwa Rasulullah SW membaca doa ini saat hujan disertai petir.

"Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih".

Artinya: "Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya".

Demikianlah sekilas informasi mengenai bacaan doa hujan deras yang perlu diketahui. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama