Bukan Diracun, Polisi Klaim Ribuan Ikan Menepi ke Pantai Mutiara Akibat Fenomena Alam

Diana Mariska
Bukan Diracun, Polisi Klaim Ribuan Ikan Menepi ke Pantai Mutiara Akibat Fenomena Alam
Ikan menepi ke Pantai Mutiara, Jakarta Utara. (Dok.)

Pihak kepolisian mengeklaim ribuan ikan yang menepi ke Pantai Mutiara di Jakarta Utara tidak diracun dan bahwa peristiwa itu disebabkan adanya fenomena alam.

Suara.com - Pihak kepolisian mengeklaim ribuan ikan yang menepi ke Pantai Mutiara di Jakarta Utara tidak diracun dan bahwa peristiwa itu disebabkan adanya fenomena alam.

Sebelumnya, dalam sebuah video yang beredar di media soaial, ribuan ikan terlihat menepi ke sekitar Pantai Mutiara.

Menanggapi hal ini, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, memberikan klarifikasi. Ia membenarkan adanya peristiwa ini sekaligus menyebut ribuan ikan tersebut menepi di sekitar Pantai Mutiara, tepatnya di dekat Apartemen Regeta pada Selasa (29/11/2022) siang. 

"Terjadi fenomena alam berupa ikan yang menepi ke pantai," kata Zulpan kepada wartawan, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Polda Metro Jaya: Bripka Madih Diduga Langgar Disiplin dan Kode Etik

Ia kemudian menjelaskan bahwa ribuan ikan tersebut diduga menepi ke sekitar pantai karena adanya perubahan iklim. Zulpan juga memastikan peristiwa itu tidak disebabkan oleh diracunnya ikan-ikan. 

"Dapat dipastikan penyebab menepinya ikan tersebut karena perubahan iklim di laut dan bukan karena diracun oleh masyarakat ataupun bukan karena adanya limbah beracun," katanya.

Fenomena unik ini sebelumnya ramai dibacarakan oleh warganet karena, selain tidak biasa, menepinya ikan-ikan ini juga dilaporkan tidak hanya terjadi di Pantai Mutiara, tetapi juga di wilayah lainnya di Jakarta.

Beberapa warganet menerka-nerka arti di balik kejadian tersebut, sementara beberapa orang lainnya meyakini bahwa hal tersebut disebabkan oleh fenomena alam.

Baca Juga: Kasus Polisi Peras Polisi, Bripka Madih Ngaku Sudah Bertemu Eks Penyidik yang Minta Uang Rp 100 Juta, Ini Hasilnya