Kena Semprot, Anies Diminta Jangan Bawa Jersey Persija saat Kampanye

Dwi Bowo Raharjo
Kena Semprot, Anies Diminta Jangan Bawa Jersey Persija saat Kampanye
Bakal capres Anies Baswedan bertemu Ortizan Solossa dan membawa Jersey Persija saat melakukan safari politik di Papua. (foto sok. Anies)

Ia mengatakan karena sepak bola tidak ada kaitanya dengan politik.

Suara.com - Bakal Calon Presiden dari Partai Nasdem Anies Baswedan kena semprot warganet karena bawa-bawa Persija Jakarta, klub sepak bola Ibu Koa. Hal ini setelah Anies mengunggah foto pertemuan dengan Ortizan Salossa saat melakukan safari politik ke Papua.

Dalam foto tersebut Anies dan Ortizan Solossa tampak memegang Jersey Oranye Persija Jakarta serta jari telunjuk dan jempol menyerupai huruf J, identik dengan The Jakmania, suporter Persija.

Dalam keterangan unggahan di akun instagram @aniesbaswedan, Anies mengatakan Ortizan pernah menjadi bek kiri Persija (2004-2006), dan kini melatih sebuah SSB di Jayapura.

"Kita ngobrol tentang pembinaan atlit sepakbola usia muda, di mana pembinaan tak cukup hanya dilakukan di sekolah, namun harus ada dukungan dari lingkungan," ujar Anies seperti dikutip Suara.com, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga: Persija Lawan Persita Ditunda, Hansamu Yama Alihkan Fokus Lawan Arema FC

Dalam pertemuan itu Anies mengatakan Ortizan sempat menyampaikan gagasannya terkait SSB yang menggunakan model boarding, yang di dalamnya pengembangan bakat dan skill, pemahaman teknik, serta nutrisi dari pemain muda terjaga.

"Selain itu juga memerlukan format kompetisi yang rutin sepanjang musim bukan sekedar turnamen, sehingga para pemain muda juga akan terus berkembang ke level terbaik," kata dia.

"Terima kasih atas pertemuan singkat dan produktif, semoga kelak membawa manfaat bagi Papua dan Indonesia," Anies menambahkan.

Terkait unggahan Anies itu, warganet @semifana** mengaku senang Anies masih cinta Persija meski sudah tidak menjabat sebagai Gubernur Jakarta. Namun, ia tidak ingin Anies membawa Persija ke ranah politik.

"Alhamdulillah masih cinta Persija, tapi plis pak kalau sudah masuk kampanye jangan ikut sertakan seragam Persija dalam bentuk apapun, karena sepak bola tidak ada kaitanya dengan politik," cuitnya.

Baca Juga: Posisi Duduk AHY dan Annisa Pohan di Konser Dewa 19 jadi Omongan: Beda Kelas Sama Anies

Kemudian akun bernama @jerryunited** menanggapi komen tersebut.

"Kayaknya buat Ortizan Salossa. Soalnya pernah bermain untuk Persija," katanya.

"Iya sepertinya hanya buah tangan dari Pak Anies untuk pemain yang pernah berseragam Persija," timpal @f.a.r_**.