Mitsubishi Triton Berambisi Rebut Pasar yang Dilepas Ford Ranger

Liberty Jemadu | Insan Akbar Krisnamusi
Mitsubishi Triton Berambisi Rebut Pasar yang Dilepas Ford Ranger
Mitsubishi Triton dipamerkan di arena IIMS 2017 di Jakarta pada akhir April lalu (Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi).

Pangsa pasar Triton pada Maret kemarin hampir 60 persen.

Suara.com - Minggatnya Ford dari pasar Indonesia pada 2016 lalu membawa berkah bagi Mitsubishi. Salah satu ceruk yang ditinggal Ford saat cabut dari pasar mobil Indonesia adalah segmen pikap kabin ganda, dengan andalannya Ford Ranger. Kini lubang itu tengah diincar oleh Mitsubishi Triton.

Ford pada awal 2016 lalu mengibarkan bendera putih di Indonesia dan Jepang. Raksasa asal Amerika Serikat itu mengaku tak bisa meraup keuntungan yang didambakannya di dua pasar ini.

Kepergian Ford, di sisi lain, menjadi berkah bagi kompetitor-kompetitornya. Meski pangsa pasar Ford tak besar di Indonesia, hilangnya Ford membuka celah lebih bagi merek lain, terutama Mitsubishi.

Mitsubishi membeberkan rasa percaya dirinya untuk menggaet konsumen fleet yang dulu memilih Ford Ranger. Karena itu, mereka akan lebih agresif lagi memasarkan Triton tahun ini.

"Terus terang, kami diuntungkan juga oleh teman kami yang tadinya ada dan sekarang pergi, Ford Ranger. Kami akan coba menarik konsumen-konsumen fleet mereka," aku Group Head MMC Sales Division PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Imam Choeru Cahya di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, 27 April-7 Mei di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

Tidak adanya Ranger, ditambah dengan membaiknya harga komoditas seperti batu bara, perkebunan, serta oil and gas, membuat Mitsubishi mematok target yang lebih tinggi untuk Triton di 2017. Apalagi, di IIMS 2017, Mitsubishi meluncurkan Triton Double Cabin 4x4 serta Triton Single Cabin 4x2 terbaru yang dulu sempat hilang.

Penjualan Triton di tiga bulan pertama 2017 yang lebih baik dibanding periode yang sama tahun lalu menambah kepercayaan diri Mitsubishi.

"Tiga bulan (Januari-Maret) penjualan Triton bagus. Rata-rata sebulan 700 unit. Pangsa pasar Triton saja Maret kemarin hampir 60 persen. Pangsa pasar secara akumulatif di tiga bulan pertama sekitar 54 persen," papar Imam.

Mitsubishi pun akhirnya mematok target penjualan 9.800 unit tahun ini untuk seluruh model 4x4 dan 4x2 Triton. Jumlah itu setara dengan transaksi jual-beli beli lebih dari 800-an unit per bulan. Sebanyak 75-80 persen datang dari konsumen fleet.

"Naik cukup jauh. Hampir 31 persen dibanding tahun lalu," ucap Imam.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS