Cara Sederhana Rawat Kaca Mobil Agar Tidak Baret dan Berjamur

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Cara Sederhana Rawat Kaca Mobil Agar Tidak Baret dan Berjamur
Ilustrasi membersihkan kaca mobil. [Shutterstock]

Kalau terkena air hujan sebaiknya baiknya langsung dibersihkan. Karena terkadang air hujan mengandung asam dan langsung meresap di kaca.

Suara.com - Salah satu bagian mobil yang kerap sekali luput dari perhatian dalam hal perawatan adalah kaca mobil. Terkadang sebagian orang sering lupa dengan bagian tersebut sebelum akhirnya kaca menjadi buram dan berjamur.

Salah satu cara untuk menghindari masalah tersebut dengan cara melakuka perawatan berkala terhadap kaca mobil. Menurut Wahyu Rijal tenaga kerja Auto Clean Jatimakmur, Bekasi ada beberapa cara agar kaca mobil tidak cepat buram atau berjamur.

"Kalau terkena air hujan sebaiknya baiknya langsung dibersihkan. Karena terkadang air hujan mengandung asam dan langsung meresap di kaca. Ini biasanya yang menyebabkan jamur," kata Wahyu kepada Suara.com, Rabu (20/6/2018).

Selain itu, Wahyu menyarankan, sebaiknya untuk memilih cairan pembersih kaca dengan bahan yang memiliki Ph normal. Jadi tidak mempunyai tingkat keasaman tinggi.

"Ini agar struktur kaca tidak rusak sehingga terhindar dari kerusakan," terangnya.

Kemudian jangan menggunakan wiper ketika kaca mobil dalam kondisi kering. terlebih jika ada debu serta kotoran yang menempel pada kaca. Jika ingin mengoperasikannya semprotkan terlebih dahulu cairan wiper.

"Kalau langsung pakai wiper biasanya suka ada debu-dabu kasar yang bisa merusak kaca. Dampaknya kaca pasti jadi baret-baret halus, pandangan juga jadi tidak enak karena jadi buram," kata Wahyu.

Dengan perawatan berkala seperti itu, Wahyu mengatakan pemilik mobil tidak perlu lagi ke salon mobil untuk sekedar membersihkan kaca yang buram atau atau berjamur.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS