Kawasaki W175 Presiden Jokowi: Masih Punya Dua Saudari Lagi !

RR Ukirsari Manggalani
Kawasaki W175 Presiden Jokowi: Masih Punya Dua Saudari Lagi !
Motor Presiden Joko Widodo, bernomor polisi B 3450 INA berbasis Kawasaki W 175 yang dicustom oleh Katros Garage [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari].

Dimodifikasi gaya tracker, inilah produk retro ketiga yang seru diajak mengaspal.

Suara.com - Saat Presiden Joko Widodo atau lebih akrab disapa Jokowi hadir ke acara Deklarasi Jabar Kondusif (11/11/2018), banyak pehobi motor salfok. Ini gara-gara beliau menunggang kendaraan roda dua (R2) custom Kawasaki W175.

Kawasaki W175 Jokowi yang telah dimodifikasi atau dibuat custom gaya tracker inilah yang sukses mencuri perhatian khalayak. Padanannya adalah jaket bertuliskan Bubur Ayam Racer dan bergambar ayam jago di bagian punggung, demikian dilansir dari kantor berita Antara.

Mengaspal di Kota Bandung, Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah komunitas, penggiat ekonomi kreatif dan ormas Jawa Barat. Motor yang dikendarai adalah serupa dengan yang ia gunakan saat melakukan touring ke Tangerang sepekan sebelumnya (4/11/2018).

Motor custom Presiden Jokowi ini adalah karya bengkel Katros Garage. Menggunakan basis Kawasaki W175, dimodifikasi aliran tracker, dibalur warna dominan hijau, dengan tulisan nama beliau bercat keemasan pada tangki, serta nomor polisi B 3450 INA.

Ditinjau dari segi teknis, Kawasaki W series berada dalam garis produksi berkarakter motor-motor klasik Britania Raya, khususnya model vertical-twin standard motorcycles. Sementara si perusahaan sendiri, awalnya adalah pabrikan di bidang aviasi atau penerbangan yang eksis mulai 1965.

Presiden Joko Widodo bersama komunitas motor berkonvoi mengelilingi kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (11/11).  [ANTARA FOTO/Wahyu Putro]
Presiden Joko Widodo bersama komunitas motor berkonvoi mengelilingi kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (11/11/2018) [ANTARA FOTO/Wahyu Putro].

Di jajaran W series, Kawasaki W175 adalah model terbaru dengan gaya retro yang didesain khusus bagi Asia. Untuk pasar R2 Tanah Air, telah meluncur perdana dalam ajang Kawasaki Bike Week 2017 dengan label Rp 29,8 juta.

Spesifikasinya adalah; panjang 1.930 mm, lebar antara handlebar 765 mm, tinggi jok 775 mm, dan bobot kosong 126 kg. Bermesin SOHC kapasitas 177 cc 4 katup, dengan luaran 12,8 daya kuda pada putaran 7.500 rpm dan torsi 13,2 Nm pada 6.000 rpm. Karburator menggunakan Mikuni VM24, saluran gas buang model peashooter, dipadankan roda berdiameter 17 inchi beraksen velg krom.

Selain Kawasaki W175, untuk model retro lansiran Kawasaki yang meluncur di Tanah Air adalah Kawasaki W800 serta Kawasaki W250. Dan Presiden Jokowi rupanya menjatuhkan pilihan kepada Kawasaki W175, dengan pengalaman terbaru berkendara di Kota Bandung untuk menghadiri Deklarasi Jabar Kondusif.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS