Line-up 2019: Mobil Roda Tiga yang Bisa Disulap Jadi Helikopter

RR Ukirsari Manggalani
Line-up 2019: Mobil Roda Tiga yang Bisa Disulap Jadi Helikopter
Helikopter mobil PAL-V di gelaran Geneva Motor Show 2018 [Shutterstock].

Pemesanan tahun depan, dan dikirim mulai 2020. Solusi jitu pengguna jalan raya.

Suara.com - Kesal dengan kondisi jalan raya yang kian hari semakin macet? Usah khawatir. Perusahaan asal Belanda, PAL-V International memberikan solusi keren lagi inovatif. Bayangkan saja, bila Anda ingin menyetir, gunakan mode mengemudi . Begitu jalanan tampat runyam, klik tombol mode helikopter .

Lantas, dalam 10 menit, mobil roda tiga (apakah jadi mengingatkan pada bemo di zaman old?) PAL-V ini akan beralih ujud menjadi helikopter. Siapkan ruang untuk mengudara sejauh 330 m saja, lalu silakan terbang dan sampaikan kata selamat tinggal pada kepadatan jalan raya!

Dilansir dari Daily Mail, secara hukum, mobil helikopter atau helikopter mobil ini sah dikemudikan sekaligus diterbangkan di Britania Raya, berdasarkan sertifikasi Badan Keselamatan Penerbangan Eropa. Hanya, Anda bakal diminya lisensi pilot dan SIM kendaraan biasa.

"Bagi calon pembeli, pelatihan untuk PAL-V hampir serupa pelatihan gyrocopter. Anda perlu mengantongi lisensi pilot swasta di sektor gyrocopter, dengan pelatihan praktis antara 30 dan 40 jam sebelum mengikuti ujian," papar Beau Janou Metz, dari PAL-V, sembari menambahkan produk untuk sementara akan dipasarkan di Britania Raya, Eropa, serta Amerika Serikat.

Ditilik dari segi tampilan, mobil terbang bermesin bensin ini memiliki tiga roda. Saat diubah menjadi helikopter maka secara mekanis, bilah rotor di bagian atap dan baling-baling belakang bakal tampil serta sedikit mengubah tampilan awal.

Bobotnya secara total mencapai 664 kg, atau disebutkan sekitar setengah bobot dari Volkswagen Golf, dan mampu menampung dua penumpang. Dapur pacunya dihuni oleh sepasang mesin Rotax bertenaga bensin. Operasionalnya adalah girboks otomatis atau matik lima percepatan, yang dioperasikan pada kemudi.

Saat dioperasikan di darat, kecepatan maksimal mencapai 159 km per jam, dan saat berada di udara mampu melaju sampai 180 km per jam. Lebih mumpuni adalah kapasitas sediaan bahan bakarnya, karena mampu diajak berkendara sampai sejauh 1.287 km atau terbang sejauh 482 km sebelum mengisi ulang bensin.

Pemesanan produk helikopter mobil atau mobil helikopter PAL-V ini bakal dibuka 2019 dan pengiriman perdana dilakukan 2020.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS