Line-up 2019: BMW dan Mercedes - Benz Jajaki Kerjasama

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Line-up 2019: BMW dan Mercedes - Benz Jajaki Kerjasama
Logo BMW [Shutterstock].

Bila terjadi, maka platform sama bisa dipakai untuk produk dari kedua pabrikan.

Suara.com - Bayerische Motoren Werke (BMW) serta Mercedes - Benz adalah dua raksasa otomotif Jerman yang terus saling susul-menyusul dalam tren mobil dan teknologi otomotif kurun puluhan tahun. Namun persaingan antara keduanya, belakangan tampaknya mulai mencair.

Hal ini terungkap setelah BMW dan Daimler sebagai perusahaan induk Mercedes - Benz dikabarkan tengah melakukan pembicaraan untuk sebuah kerjasama. Menurut sebuah sumber pengamat bisnis otomotif, keduanya disebut-sebut sepakat untuk berbagi kekuatan dalam membuat komponen utama, termasuk platform kendaraan listrik, baterai mobil dan teknologi swakemudi.

Persaingan antara kedua brand ini bisa berubah menjadi sebuah kemitraan demi menghemat biaya pengembangan kendaraan di masa depan. Di mana kerja sama ini belum pernah terjadi sebelumnya.

"Tekanan terhadap pembuatan kendaraan ini begitu besar, dan tahun ini kami telah melihat tanda-tanda krisis," kata Juergen Pieper, analis Bankhaus Metzler yang berpusat di Frankfurt, dikutip dari Bloomberg.

"Kolaborasi akan menjadi salah satu satu cara untuk membantu memerangi biaya dan pembelanjaan secara paralel," tambahnya.

Apabila kesepakatan itu terjalin, maka tidak menutup kemungkinan bila BMW Seri 2 coupe dan Mercedes A-Class sedan akan dibuat menggunakan platform yang sama.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS