Cek Kondisi AC Mobil Sehabis Perjalanan Jauh

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Cek Kondisi AC Mobil Sehabis Perjalanan Jauh
Tombol aircon mobil, sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Pendingin kabin kendaraan Anda kurang maksimal? Lakukan langkah berikut ini.

Suara.com - Perjalanan jauh dengan mobil pribadi tentunya akan membuat kualitas mobil berkurang, termasuk bagian air conditioner atau A/C, AC, alias pendingin udara. Untuk membuat kualitas AC mobil tetap terjaga, tentu perlu dilakukan beberapa perawatan.

Menurut Susanto, Product Manager PT Cipta Gemilang Bersama, ada beberapa tips untuk menjaga AC mobil tetap dingin setelah digunakan perjalanan jauh.

Pertama, cek kondisi evaporator. Kerusakan pada bagian ini bisa dikarenakan usia pemakaian part, juga terkena kotoran seperti debu halus yg menempel pada fin-fin evaporator. Yang mana akhirnya terjadi korosi dan akhirnya bocor.

"Mungkin juga terdapat kerusakan pada komponen kompresor. Biasanya terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin di mana terletak kompresor AC," kata Susanto kepada Suara.com, Sabtu (5/1/2019).

Selain itu, Susanto menyarankan untuk melakukan pengecekan kondensor AC mobil. Caranya dengan membersihkan kondensor saat sedang mencuci mobil , untuk membuang debu dan kotoran yang menempel.

"Debu yang menempel bisa menyebabkan fungsi kerja kondensor terganggu, sehingga pembuangan panas pada kondensor tidak maksimal," terangnya.

Terakhir periksa filter kabin, jika sudah kotor dianjurkan untuk ganti. Sebaiknya lakukanlah penggantian filter kabin secara berkala.

Jadi, dengan penggantian filter secara berkala, ditambah usaha senantiasa membersihkan bagian fin perangkat AC, pendingin udara mobil pun bisa berfungsi maksimal.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS