Penampakan Mobil Lawas BMW Tanpa Kidney Grille yang Ikonik, Seperti apa?

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Penampakan Mobil Lawas BMW Tanpa Kidney Grille yang Ikonik, Seperti apa?
Ilutrasi mobil BMW. (Suara.com/Fakhri Hermansyah)

Sulit rasanya membayangkan mobil yang diproduksi BMW hadir tanpakidney grille.

Suara.com - Salah satu yang khas dari mobil produksi BMW adalah adanya desain gril ikonik yang disebut sebagai kidney grille. Sulit  membayangkan mobil yang diproduksi BMW hadir tanpa kidney grille. Tapi faktanya, ada beberapa mobil BMW yang dipasarkan tanpa kidney grille yang khas itu. Seperti apa jadinya?

Melansir Motor-Junkie, setidaknya ada empat mobil BMW yang diproduksi dan dijual tanpa desain kidney grille yang khas. Memang, kebanyakan mobil tersebut merupakan model-model awal BMW nan lawas. Sudah penasaran?

1. BMW Dixi

BMW Dixi. (Auto Gallery)
BMW Dixi. (Auto Gallery)

Diperkenalkan pada 1927 dan mendapat julukan BMW 3/15 Dixi. Dengan mengusung bentuk seperti kereta kuda, BMW Dixi juga hadir tanpa desain kidney grille.

Fakta lain, BMW Dixi tidak dirancang oleh insinyur BMW, melainkan oleh produsen asal Inggris, Austin 7. Perusahaan otomotif asal Inggris itu menyuplai peralatan dan teknologi saat pertama kali BMW masuk ke industri mobil.

2. BMW Isetta 600

BMW Isetta 600. (carstyling)
BMW Isetta 600. (carstyling)

Sebelumnya, MobiMoto.com juga pernah membahas soal BMW Isetta 600. Sebuah mobil kei car dengan dua kursi dan bentuk yang unik. Mobil ini diproduksi pada 1950an, yang sangat membantu BMW untuk tetap bertahan di industri otomotif setelah perang dunia.

Mengusung mesin 600cc, BMW Isetta 600 punya dua pintu di samping dan satu pintu yang dibuka dari bagian depan. Unik.

3. BMW 700

BMW 700. (BMW Blog)
BMW 700. (BMW Blog)

Berikutnya ada BMW 700 yang hanya diproduksi selama enam tahun (1959-1965). Merupakan model paling ekonomis dengan desain yang menarik, bukan?

BMW 700 dijual dengan beberapa varian. Sedan dua pintu, coupe dan convertible dan mengusung mesin di bagian belakang mobil.

Mesin di belakang mobil juga menggerakan roda belakang yang menghasilkan handling yang bagus, dan membuatnya jadi terkenal di antara jajaran mobil untuk pemula yang lain.

4. BMW-Glas 3000 V8

BMW-Glas 3000 V8. (Pinterest)
BMW-Glas 3000 V8. (Pinterest)

Sekilas, bentuk BMW-Glas 3000 V8 malah sangat kentara nuansa mobil Amerika. DIproduksi tahun 1960an, BMW-Glas 3000 V8 tercipta dari kisah yang cukup unik.

Saat itu, BMW butuh fasiitas produksi yang lebih besar, untuk meningkatkan jumlah produksi karena tingginya minat pasar.

BMW pun membeli perusahaan otomotif Jerman bernama Glas, yang saat itu tengah di ambang kebangkrutan. Setelah resmi dibeli, BMW pun mengadopsi desain mobil produksi Glas, dan lahirlah BMW-Glas 3000 V8.

Beberapa mobil BMW tanpa desain kidney grille di bagian muka memang jadi terasa beda ya. Seperti empat mobil BMW di atas, yang diproduksi dan dipasarkan tanpa kidney grille yang khas.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS