BMW Tertarik Beli Pabrik Honda untuk Produksi Model X1

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
BMW Tertarik Beli Pabrik Honda untuk Produksi Model X1
BMW X1, salah satu SUV paling populer dari BMW [Shutterstock].

Honda akan menutup pabriknya di Inggris pada 2021, BMW siap mengambil alih fasilitasnya.

Suara.com - Produsen otomotif asal Jerman, Bayerische Motoren Werke atau BMW dikabarkan tertarik membeli pabrik Honda, di Swindon, Wiltshire, Inggris, demi meningkatkan kapasitas produksi.

Seperti ditulis Autocar, BMW disebut tertarik membeli pabrik Honda agar memasarkan lebih banyak kendaraan ke Inggris. Bahkan sebuah laporan mengatakan produsen mobil Jerman ini sedang dalam tahap diskusi untuk mulai mengambil alih pabrik pada 2021. Rencananya, di sinilah BMW X1 yang menjadi salah satu model terlaris di Inggris akan dirakit.

Honda SIapkan Teknologi Hindari Kecelakaan di Persimpangan
Logo Honda. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Saat ini, BMW sudah memproduksi Mini di pabrik Oxford, Oxforshire, Inggris. Sayangnya, tidak ada ruang lebih untuk kapasitas tambahan. Sehingga BMW harus mengontrak sejumlah besar tenaga kerja untuk memproduksi Mini di pabrik VDL Nedcar, Belanda. Tahun lalu, pabrik Belanda membangun lebih dari 200 ribu unit kendaraan, termasuk BMW X1 yang diproduksi sejak 2017.

Sedangkan langkah mengakuisisi pabrik Swindon bisa menjadi langkah strategis bagi BMW. Pasalnya, produsen ini memang sudah memiliki pabrik pengepresan di dekat Swindon, pabrik mesin di Hams Hall, Birmingham, dan fasilitas perakitan kendaraan di Oxford.

Sebagai informasi, pada Februari 2019, Honda telah mengumumkan akan menutup pabrik mereka di Swindon, Inggris pada 2021.

Hal ini tentu menjadi pukulan telak bagi industri otomotif di negeri Ratu Elizabeth II. Sebab fasilitas pabrik Honda mampu mencetak 150 ribu unit mobil per tahun dan mempekerjakan sekitar 3.500 orang pekerja.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS