Taksi Blue Bird Operasikan Armada Mobil Listrik

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Taksi Blue Bird Operasikan Armada Mobil Listrik
Blue Bird memperkenalkan armada taksi mobil listrik di Jakarta, Senin (22/4/2019). [Suara.com/Dok Blue Bird]

Armada taksi mobil listrik Blue Bird menggunakan mobil buatan BYD dan Tesla.

Suara.com - Blue Bird, Senin (22/4), meluncurkan armada taksi mobil listrik pertama di Indonesia, yang terdiri dari mobil buatan Tesla dan BYD. Armada taksi mobil listrik ini akan dimanfaatkan sebagai taksi Blue Bird dan taksi premium Silver Bird

"Kami sangat bangga menjadi pioneer dalam menghadirkan kendaraan listrik di industri transportasi Indonesia," ujar Noni Purnomo, Presiden Direktur Blue Bird Group Holding di Jakarta.

Melalui terobosan inovasi dari kendaraan listrik ini, tambah Noni, Blue Bird juga berkomitmen untuk mendukung pelestarian lingkungan, khususnya peningkatan kualitas udara di Jakarta.

Dalam armada taksi mobil listrik itu, Blue Bird menggunakan 25 unit BYD e6 A/T dan 4 unit Tesla X 75D A/T. Mobil-mobil listrik ini akan mulai beroperasi sebagai taksi pada Mei 2019.

Direktur PT Blue Bird, Adrianto Djokosoetono, menambahkan bahwa pihaknya berencana menggunakan 200 mobil listrik sebagai taksi hingga 2020.

Adrianto mengklaim bahwa dengan 200 unit taksi mobil listrik, Blue Bird bisa memangkas emisi karbon dioksida hingga 434.095 kg dan menghemat bahan bakar minyak (BBM) hingga 1.898.182 liter.

Lebih lanjut ia mengatakan Blue Bird berencana menambah 2000 unit mobil listrik dalam periode 2020 - 2025. Dengan penambahan itu, Blue Bird mengklaim bisa memangkas emis karbon dioksida hingga 21.704.760 kg dan mengurangi konsumsi BBM hingga 94.909.091 liter.

Adrianto juga menjelaskan bahwa mobil-mobil listrik dalam armada taksi Blue Bird hanya butuh waktu dua jam untuk mengisi penuh baterainya.

"Untuk sekali pengisian hingga penuh memakan waktu sekitar 2 jam. Sekali pengisian bisa menempuh jarak antara 300 - 400 kilometer," terang Andrianto.

Soal tarif sendiri, Adrianto menyampaikan pada tahap awal Blue Bird masih menggunakan tarif normal layanan Bluebird maupun Silverbird. Namun ke depannya akan dirumuskan kembali tarif yang sesuai.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS