Kenangan Atas Ibu Ani Yudhoyono: Saya Yakin, Kakinya Dipegangi ...

RR Ukirsari Manggalani
Kenangan Atas Ibu Ani Yudhoyono: Saya Yakin, Kakinya Dipegangi ...
Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono saat menjabat sebagai Presiden NKRI dan Ibu Negara, siap memasuki pesawat khusus kepresidenan BBJ-2 di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta [ANTARA/Widodo S. Jusuf]

Tak sedikit dari karya fotografi Ani Yudhoyono diabadikan dari dalam kabin mobil.

Suara.com - Kepergian mantan Ibu Negara ke-enam, Ani Yudhoyono atau lengkapnya Kristiani Herrawati binti Sarwo Edhie Wibowo karena kanker darah meninggalkan duka mendalam. Terutama bagi sang suami, Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Presiden NKRI (2004 - 2014), kedua putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY), kedua menantu, serta keempat cucunya.

Ani Yudhoyono dan SBY naik Vespa. (Instagram/@aniyudhoyono)
Ani Yudhoyono dan SBY naik Vespa. (Instagram/@aniyudhoyono)

Dalam pidato melepas Ibu Ani Yudhoyono di Pendopo Puri Cikeas, Bogor, sebagaimana dipetik dari live Suara.com, SBY juga menyinggung tentang kegemaran almarhumah dalam bidang fotografi.

Dan setelah ditilik dari laman media sosial Instagram atas namanya, Ibu Ani Yudhoyono juga kerap mengabadikan momen dari dalam kabin mobil kepresidenan, yaitu Mercedes-Benz S600L lansiran 2008.

Antara lain adalah saat dirinya bersama SBY tengah melakukan kunjungan ke Kupang pada 2013, dan sang suami membuka jendela seraya melambaikan tangan. Kemudian saat keduanya berkunjung ke Kediri yang tengah dihujani debu Gunung Kelud pada 2014. Masih di tahun sama, Ibu Ani Yudhoyono juga mengunggah antusiasme siswa-siswi yang mengenakan seragam Pramuka dan melambai-lambaikan bendera Merah Putih dimensi mini, dalam suasana hujan.

Dan napas patriotik sebagai istri prajurit, berputrakan seorang prajurit, sekaligus putri dari seorang prajurit pun ikut tampil, di potret-potret tadi tampak bendera Merah Putih yang berkibar di moncong mobil kepresidenan.

Terbaru adalah sebuah potret yang diunggah pada 2018 dan memperlihatkan sebuah tunggangan jenis Multi-Purpose Vehicle (MPV) milik produsen otomotif Jepang tengah melintas di depan kendaraan yang ditumpangi pasangan SBY dan Ibu Ani Yudhoyono. Tampak dua kru tengah mengabadikan Jembatan Suramadu dengan posisi duduk di jendela samping kiri dan kanan.

"Bila fotografer sudah beraksi, sering lupa keselamatan diri ... hanya untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Namun saya yakin kakinya dipegangi oleh temannya," demikian bunyi caption dituliskan oleh peraih Bintang Republik Indonesia Adipradana 2011, serta inisiator Mobil Sehat (seperti puskesmas keliling) dan Mobil Pintar (seperti perpustakaan keliling) bersama Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB).

Kini, karya-karya baru Ibu Ani Yudhoyono tak bakal bisa ditemui lagi, setelah beliau berpulang kemarin (1/6/2019) di National University Hospital (NUH), Singapura, serta dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta (2/6/2019).

Namun, semangatnya akan selalu dikenang, seperti kegigihannya saat mendapati dirinya diserang kanker darah.

"Saya pasrah, tetapi tidak akan menyerah. I will never give up," demikian ditirukan oleh sang belahan jiwa, Bambang Susilo Yudhoyono.

Selamat jalan Ibu Ani Yudhoyono. Semoga beristirahat dalam damai di haribaan-Nya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS