Yuk, Mudik Aman dengan Tips dari Jasa Marga

RR Ukirsari Manggalani
Yuk, Mudik Aman dengan Tips dari Jasa Marga
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Desa Jati Agung, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (26/5/2019). (Antara)

Bagi pemudik berkendaraan pribadi, berikut tips dari Jasa Marga untuk perjalanan aman Lebaran 2019.

Suara.com - Melakukan tradisi pulang kampung, termasuk dalam Mudik Lebaran 2019 lewat jalan darat termasuk menggunakan kendaraan pribadi, membutuhkan kesiapan mental dan fisik bagi pengemudi. Juga preparasi tunggangan itu sendiri.

Foto udara ribuan kendaraan pemudik tujuan Sumatra antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (1/6) dini hari. [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak]
Foto udara ribuan kendaraan pemudik tujuan Sumatra antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (1/6) dini hari. [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak]

Dikutip dari kantor berita Antara, kegiatan mudik berkendaraan darat terutama bagi para pengemudi, aktivitas ini terkadang dianggap membuat jenuh. Namun, aturan berkendara mesti dipenuhi, agar seluruh rangkaian perjalanan berlangsung secara aman dan lancar.

Berikut ini, Mansur Hidayat, Kepala Shift Layanan Jalan Tol Jasa Marga membagikan tips mengemudi di ruas tol maupun di jalur alternatif. Mulai kelengkapan berkendara sampai sampai kondisi fisik termasuk di dalamnya.

Enam tips untuk berperjalanan aman dari Jasa Marga seperti dipaparkan Mansur Hidayat:

1. Hindarilah kantuk

Kantuk adalah satu kondisi yang tidak bisa dihindari saat pengemudi mengalami kelelahan. Bisa diantisipasi dengan beristirahat terlebih dahulu sebelum kembali melakukan perjalanan.

2. Istirahat cukup

Istirahat cukup sehingga tubuh kembali bugar adalah salah satu langkah antisipasi paling penting sebelum berkendara.

3. Menjaga kondisi kendaraan

Selain menjaga kondisi tubuh, pengemudi juga perlu menyiapkan tunggangan atau melakukan preparasi mobil, agar tidak mengalami masalah atau kerusakan saat berada di perjalanan.

4. Menjaga jarak aman

Menjaga jarak aman dengan kendaraan yang berada di depan juga perlu diperhatikan supaya pengendara tidak terkena masalah dengan pengendara lain.

5. Sesuaikan kapasitas muatan

Jika kapasitas kendaraan hanya cukup memuat empat sampai lima orang, jangan memaksakan diri untuk memuat sembilan sampai 10 orang karena akan membahayakan keselamatan diri sendiri dan penumpang.

6. Bawa kelengkapan surat berkendara

Periksa dan lengkapi surat-surat berkendara yang perlu dibawa sebelum melakukan perjalanan, agar tidak dikenai surat tilang di jalan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS