Ternyata, Inilah Jenis Mobil Paling Tepat Buat Diajak Lebaran 2019

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ternyata, Inilah Jenis Mobil Paling Tepat Buat Diajak Lebaran 2019
Suasana pemudik di Pelabuhan Merak Banten, Minggu (2/6/2019) dini hari [Suara.com/Yandhi Deslatama].

Berbagai kategori mobil tumpah ruah di saat mudik. Pilihan ada di tangan masing-masing, namun inilah juaranya.

Suara.com - Menyebut kata Mudik Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, tunggangan di kategori MPV (Multi-Purpose Vehicle) atau SUV (Sport Utility Vehicle) keluar sebagai juara. Apa pasal: kabin yang lega sudah pasti menjadi jaminan untuk mengangkut seluruh anggota keluarga. Sebut saja ayah dan ibu, dua buah hati, satu Asisten Rumah Tangga (ART) atau anggota keluarga lain, serta dua orang yang dituakan, semisal kakek dan nenek. Bisa pula dua sepupu atau rekan.

Toyota New Avanza diluncurkan Selasa (15/1/2019) [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Toyota New Avanza diluncurkan Selasa (15/1/2019). Termasuk kategori MPV [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Namun, ada pula pemudik yang mengandalkan mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) untuk menuju kampung halaman mereka.

Sony Susmana, Direktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) memaparkan bahwa mudik menggunakan mobil jenis LCGC sebenarnya kurang tepat. Sebab, kemampuan mobil jenis ini tidak sama dengan lainnya.

"Untuk perjalanan jauh memang kurang pas. Karena mobil LCGC dibuat dengan part yang minim. Artinya, kemampuan tidak sebadak mobil non-LCGC," ujar Sony Susmana kepada Suara.com.

Kendati demikian, Sony Susmana menjelaskan, bukan berarti mobil jenis LCGC tidak bisa dipakai buat mudik. Hanya, pengemudi dituntut untuk paham keterbatasan atau kemampuan kendaraan.

"Atur kecepatan kendaraan sesuai rambu 60 - 80 km per jam. Jangan mengemudi over speed apalagi over tuned. Karena ini membuat kerja mesin semakin berat," kata Sony Susmana.

Terakhir, Sony Susmana menegaskan, jenis kendaraan apapun bebas untuk dipakai mudik, sekalipun LCGC. Namun yang terpenting, pengemudi paham kemampuan kendaraan. Karena masing-masing jenis memiliki handicap yang berbeda saat dipakai perjalanan jauh.

Secara harfiah, mobil LCGC sendiri berarti mobil murah ramah lingkungan. Mobil jenis ini memiliki spesifikasi mesin untuk bahan bakar bensin maksimum 1.200 cc, minimal 1L BBM untuk 20 km, dan bahan bakar solar maksimum 1.500 cc, minimal 1L BBM untuk 20 km.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS