Tutup Tangki Bermasalah, Ducati Recall Model Panigale Series

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tutup Tangki Bermasalah, Ducati Recall Model Panigale Series
Ducati Panigale V4. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Ini kali kedua terjadi penarikan ulang atas produk Ducati serial Panigale. Permasalahan terjadi di tangki bahan bakar.

Suara.com - Ducati untuk kawasan Amerika Utara melakukan penarikan kembali atau dikenal sebagai recall untuk serangkaian seri Panigale. Yaitu model Panigale V4, Panigale V4 S, Speciale, serta model R yang diproduksi kurun 2017 - 2019.

Kepolisian Inggris menunggangi Ducati Panigale V4. (Visordown)
Kepolisian Inggris menunggangi Ducati Panigale V4. (Visordown)

Adapun kebijakan ini, seperti dikutip dari RideApart, terpaksa dilakukan karena terjadi permasalahan teknis. Penutup tangki bahan bakar mengeluarkan bunyi saat dibuka, serta berpotensi menyebabkan cedera saat si pengendara sepeda motor akan mengisi bahan bakar.

"Jika Anda membuka tutup pengisi bahan bakar dan mendengar desisan yang bisa didengar, jangan langsung membukanya. Sebaiknya tunggu sampai desis berhenti sebelum membuka tutup bahan bakar," demikian tulis salah seorang pemilik model Panigale.

Menurut laporan penarikan resmi dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau badan transportasi Amerika Serikat, tanggal produksi pada model terdampak meliputi produk yang dilansir 12 September 2017 - 20 Mei 2019. Sementara kode produksi adalah ZDMDAGNW2JB000029 dan ZDMDAGNW7KB010380.

Ducati memperkirakan akan ada sekitar 1.880 produk yang harus recall. Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, rencananya produsen sepeda motor asal Italia ini akan segera menghubungi pemilik untuk melakukan perbaikan ke bengkel resmi terdekat.

Recall akan mulai dilakukan 13 - 20 Juni 2019, dengan pemberitahuan akan dikirimkan kepada pemilik kurun 13 - 20 Juli 2019.

Sebagai informasi, Ducati sebenarnya sudah pernah melakukan recall terhadap Panigale V4, V4 S, dan V4 S Speciale untuk tahun produksi 2018-2019 pada akhir tahun lalu. Penarikan itu berasal dari sistem pendingin oli pada Panigale V4, yang mengalami kebocoran pada saluran output.

Menurut dokumen recall NHTSA, saluran output pendingin oli bisa mengalami keretakan selama penggunaan ekstrem, seperti ketika superbike 1.103 cc digunakan pada trek balap. Penarikan kembali akan dilakukan pada 1.663 unit Ducati Panigale V4.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS